Ragam Jajanan Gerobak

Segarnya Es Dawet Legit Berkuah Santan dan Gula Merah

Maya Safira - detikFood Kamis, 12 Jan 2017 14:27 WIB
Foto: detikFood Foto: detikFood
FOKUS BERITA Ragam Jajanan Gerobak
Jakarta - Siang terik paling enak menikmati es segar. Seperti es dawet yang legit beraroma nangka.

Pedagang kaki lima yang memakai gerobak juga berjualan es dawet atau cendol. Minuman ini merupakan salah satu racikan minuman khas Jawa. Terdiri dari cendol kenyal, kuah santan, gula merah cair dan es batu.

Terdapat beberapa versi dawet yang dijajakan. Seperti dawet ayu dari Banjarnegara, dawet ireng asal Purworejo atau dawet Jepara.

Dawet Banjarnegara yang disebut dawet ayu memakai tepung beras dan pewarna daun suji. Sementara dawet ireng menggunakan pewarna hitam alami seperti abu merang atau jerami yang alami. Sehingga warnanya hitam keabu-abuan.

Segarnya Es Dawet Legit Berkuah Santan dan Gula MerahFoto: detikFood

Dawet Jepara tampil sedikit berbeda. Bahannya memakai tepung sagu aren. Seiring perkembangan, penjual dawet Jepara menambah topping lain seperti alpukat, durian, nangka hingga nata de coco.

Gerobak es dawet sendiri mudah ditemui di berbagai tempat. Biasanya penjualnya menetap di satu tempat. Tapi ada juga yang berkeliling dari pagi.

Salah satu penjual es dawet ayu yang kami temui di daerah Kemang mengaku berjualan dari pukul 10.00 pagi. "Jualannya bisa sampai jam 14.00 atau 16.00, tergantung habisnya," ujarnya.

Segarnya Es Dawet Legit Berkuah Santan dan Gula MerahFoto: detikFood

Ia membuat es dawet khas Banjarnegara itu sendiri. Dari pagi ia sudah meracik bahan penyusun es dawet. Seperti cendol warna hijau, santan dan gula merah dengan potongan nangka.

Rasa es dawet begitu segar. Makin nikmat karena ada aroma wangi gula merah bercampur nangka.

Meski bermodalkan gerobak, penjual itu menerima pesanan minimal 100 gelas. Satu porsinya dijual seharga Rp 5.000.

(adr/odi)
FOKUS BERITA Ragam Jajanan Gerobak
Load Komentar ...