Inilah Jenis Pasta Terlangka di Dunia yang Berusia 300 Tahun

Maya Safira - detikFood Senin, 09 Jan 2017 06:19 WIB
Foto: Fine Dining Lovers
Jakarta - Fussili atau spaghetti termasuk pasta yang populer. Tapi ada satu jenis pasta yang untuk mendapatkannya perlu ke sebuah pulau di Italia.

Pasta paling langka di dunia bisa ditemui di pulau Sardinia, Italia. Tempat pembuatannya ada di kota kecil Nuoro. Di sana hanya ada tiga orang wanita yang tahu cara membuatnya.
Inilah Jenis Pasta Terlangka di Dunia yang Berusia 300 TahunFoto: Fine Dining Lovers

Pasta ini disebut su filindeu yang berarti "benang Tuhan", lapor The Daily Meal (06/01). Su filindeu dibuat langsung dengan tangan melalui proses rumit. Memakai tiga bahan termasuk semolina wheat, air dan garam.

Caranya, adonan dilipat jadi 265 helaian sangat tipis dan sama. Kemudian helai tersebut disusun tiga dalam pola menyilang di atas sebuah nampan lingkaran untuk penjemurannya. Pasta dijemur memakai panas matahari.
Inilah Jenis Pasta Terlangka di Dunia yang Berusia 300 TahunFoto: Fine Dining Lovers

Hasil pasta dimasak dalam kaldu domba. Lalu dihiasi dengan keju pecorino. Resep pasta ini sudah dimiliki satu keluarga di Nuoro, Abraini, selama 300 tahun. Secara turun temurun resepnya diberikan kepada wanita di tiap generasi keluarga.
Inilah Jenis Pasta Terlangka di Dunia yang Berusia 300 TahunFoto: Fine Dining Lovers

Chef Inggris Jamie Oliver sempat mengunjungi keluarga Abraini tahun lalu untuk belajar cara pembuatan su filindeu. Sudah membuat pasta selama 20 tahun, Jamie mengaku tidak pernah lihat pasta seperti itu. Dua jam belajar, ia tidak berhasil membuat kembali su filindeu.

Tim dari perusahaan pasta Barilla juga sempat mendatangi keluarga Abraini untuk membuat su filindeu dengan mesin dan tak berhasil (msa/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com