Tren Baking dan Cooking 2017

Ini Prediksi dari 5 Chef Indonesia Tentang Makanan yang Bakal Populer

Lusiana Mustinda - detikFood Jumat, 06 Jan 2017 17:02 WIB
Foto: iStock/detikFood
Jakarta - Tren makanan makin beragam. Tahun ini 5 chef Indonesia prediksikan beberapa makanan yang akan tren. Apa saja?

Beberapa chef menyoroti tren kuliner yang akan muncul, termasuk makanan sehat hingga modifikasi menu yang akan disukai. Saat ini, konsumen banyak yang tertarik dengan makanan penampilan menarik.

Makanan sehat diramalkan masih akan terus berkembang. Chef Yuda Bustara mengatakan, makanan-makanan sehat seperti jus, acai bowl hingga ready to go salad masih akan digemari. "Karena orang mulai concern menjaga tubuh dan rela mengeluarkan uang yang mahal demi menjaga pola hidup sehat," jelas Yuda kepada detikFood.

Ini Prediksi dari 5 Chef Indonesia Tentang Makanan yang Bakal PopulerFoto: iStock
Sependapat dengan Yuda, Chef Steby Rafael juga menyebutkan bahwa makanan segar akan tren di tahun ini. "Clean eat atau makanan yang tidak terlalu banyak diolah akan makin digemari. Misalnya salad, sayuran tumis, ayam pan seared yang hanya menggunakan sedikit minyak serta hidangan makanan yang dikukus," pungkas Steby saat ditemui beberapa waktu lalu.

Berbicara tentang masakan lokal, menurut beberapa chef, makanan tradisional yang dikemas secara modern tentu akan semakin naik daun.

"Untuk kalangan atas, makanan organik dan lokal masih tinggi peminatnya. Karena selain sehat, orang juga akan lebih peduli untuk mendukung perkonomian lokal. Akan tetapi untuk kalangan biasa, lebih ke arah sajian trendy yang instan tapi masih cocok dengan gaya hidupnya namun dikemas dengan lebih trendy," jelas Chef Ragil Imam Wibowo memberikan pendapatnya.

Steby berpendapat, menu Barat yang masuk ke Indonesia lebih dimodifikasi dengan menyesuaikan rasa lebih ke lidah Indonesia. Chef kelahiran Lampung ini memberikan contoh seperti burger atau croissant ataupun pasta yang diisi dengan sentuhan rasa Indonesia.

Ini Prediksi dari 5 Chef Indonesia Tentang Makanan yang Bakal PopulerFoto: Detikfood
Selain itu, Chef Budi Lee mengatakan di tahun 2017 ini kemungkinan yang akan populer selain makanan sehat adalah masakan Indonesia dengan tampilan modern atau bahkan makanan street food yang diadaptasi ke restoran.

"Karena sekarang banyak orang yang rindu dengan makanan kaki lima. Tapi permasalahannya adalah kebersihan dari makanan itu," jelas Budi Lee saat dikontak detikFood (30/12).

Sehingga ia meramalkan, makanan lokal yang akan populer mungkin banyak jajanan atau makanan street food yang dikemas dengan 'wajah baru'.

Menurutnya belakangan ini banyak sekali bermunculan Indonesian Restaurant yang di adaptasi dari makanan kaki lima. Misalnya kue cubit, bahkan mie instan saja sudah mulai dibuat sebagai hidangan andalan di restoran.

Ini Prediksi dari 5 Chef Indonesia Tentang Makanan yang Bakal PopulerFoto: iStock
Chef Chandra Yudaswara juga mengatakan bahwa makanan yang diadopsi dari menu klasik yang dijadikan sebagai comfort casual modern juga akan semakin jadi tren. "Contohnya jajanan pasar yang merambah ke fast food service dengan packaging yang bagus bisa memberikan boost attention market," pungkasnya. (lus/odi)