Diet Gaya Tentara Ini Diklaim Bisa Turunkan Berat Badan 4,5 Kg per Minggu

Annisa Trimirasti - detikFood Rabu, 04 Jan 2017 12:34 WIB
Foto: REUTERS/Kim Hong-Ji
Jakarta - Pola makan gaya militer ini bisa turunkan berat badan dengan cepat. Tetapi apakah pola makan ini aman dijalani?

Diet bernama 'Military Diet' ini dirancang ahli gizi tentara Amerika. Khloe Kardashian dan beberapa artis Hollywood ikut menjalani diet ini. Namun beberapa ahli gizi lain menentangnya.

Awalnya diet ini dibuat oleh ahli gizi tentara untuk membantu para prajurit mencapai berat badan ideal dalam waktu singkat. Sudah cukup lama dipraktekkan, hanya saja belakangan populer di Instagram.

Bagaimana cara kerja diet ini? Apakah aman untuk kesehatan?

Diet Gaya Tentara Ini Diklaim Bisa Turunkan Berat Badan 4,5 Kg per MingguFoto: Jamie McCarthy/Getty Images for Gabrielle's Angel Foundation
Dalam diet ini, pelaku diet dijanjikan akan kehilangan bobot 4.5 kg dalam seminggu. Hanya dengan konsumsi 1000 kalori selama 3 hari dan diet regular pada 4 hari lainnya.

Pola makan ketat 3 hari tersebut berupa sarapan dengan 1 telur, selembar roti panggang dan setengah pisang. Kemudian makan siang dengan secangkir cottage cheese, satu telur tebus dan 5 rice cake.

Terakhir, Anda dapat makan malam konsumsi 200 g ham, secangkir brokoli, setengah cangkir wortel, setengah potong pisang dan setengah cangkir es krim vanilla. Seluruhnya mengandung 1000 kalori. Lakukan selama 3 hari.

Diet Gaya Tentara Ini Diklaim Bisa Turunkan Berat Badan 4,5 Kg per MingguFoto: Daily Mail/Instagram
Untuk 4 hari selanjutnya Anda dapat mengikuti pola diet dengan ketentuan sarapan berupa secangkir teh atau kopi, selembar roti panggang, 2 sendok makan selai kacang, dan setengah grapefruit. Kemudian makan siang dengan setengah potong tuna, selembar roti panggang, dan secangkir kopi atau teh.

Dan untuk makan malam, Anda dapat konsumsi 85 g daging apapun dengan secangkir kacang hijau, setengah potong pisang, satu apel kecil dan secangkir es krim vanilla.

"Dulu semua orang membicarakan cara diet 5:2 yaitu 5 hari makan dan 2 hari puasa, sekarang semua orang melakukan diet militer saat mereka ingin menghilangkan beberapa kilo bobot tubuh dengan cepat,' ujar stylist anonim dikutip dari dailymail.co.uk (3/1/17)

Stylist ini bahkan menambahkan bahwa ­kliennya bisa sampai turun 1 ukuran baju lewat diet seminggu ini. 'Sebuah hal yang luar biasa dan tidak membuat Anda bangkrut.' tambahnya.

Diet Gaya Tentara Ini Diklaim Bisa Turunkan Berat Badan 4,5 Kg per MingguFoto: Daily Mail/Instagram
Tapi sebelum Anda buru-buru membeli telur dan cottage cheese. Beberapa ahli gizi lain memperingatkan bahwa diet ekstrim membuat tubuh menyimpan lebih banyak lemak karena percaya bahwa sedang berada dalam keadaan kelaparan.

'Saat asupan makanan dibatasi, tubuh panik dan percaya bahwa kondisi kelaparan sedang terjadi, membuatnya lebih banyak makanan. ' ujar ahli gizi terkemuka Zoe Bingley-Pullin

Beberapa ahli lain juga setuju dengan hal tersebut dan berpendapat bahwa sulit menjaga cara makan ekstrim seperti itu. (ani/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com