Kamera Kulkas Ini Bisa Berikan Info Makanan Hampir Kadaluarsa

Annisa Trimirasti - detikFood Rabu, 04 Jan 2017 11:30 WIB
Foto: Smarter
Jakarta - Tak perlu sibuk mengecek tanggal kadaluarsa. Alat pada kulkas ini bisa berikan info makanan yang akan kadaluarsa.

Sebuah perusahaan produsen alat dapur, Smarter, memperkenalkan alat baru bernama FridgeCam. Alat ini berupa kamera kulkas yang dapat memberi informasi kapan makanan akan kadaluarsa dan kapan stok makanan di kulkas tinggal sedikit.

Perusahaan yang berbasis di London ini menampilkan FrigeCam pada CES (Consumer Electronics Show) 2017, pameran dagang teknologi besar di Las Vegas minggu ini.

Kamera Kulkas Ini Bisa Berikan Info Makanan Hampir KadaluarsaFoto: Smarter
FridgeCam merupakan kamera nirkabel dengan aplikasi yang memungkinkan pengguna melihat isi kulkas dari posisi dimana saja. Juga bisa memberi pengingat tentang tanggal kadaluarsa dan informasi saat bahan makanan di kulkas menipis.

Alat ini akan dirilis pada kuartal pertama 2017.Tujuannya untuk membantu mengatasi limbah makanan global dengan memberitahu konsumen tanggal kadaluarsa dan cara memakai makanan sebelum rusak.

Fitur tambahan aplikasi dan alat ini juga termasuk pengingat saat temperatur kulkas tidak normal, memberitahu saat makanan dikeluarkan dari lemari es serta dilengkapi dengan pemesanan otomatis di tempat belanja online pilihan pengguna.

Kamera Kulkas Ini Bisa Berikan Info Makanan Hampir KadaluarsaFoto: Smarter
Aplikasi ini juga dilengkap GPS sehingga dapat mengingatkan pengguna bila sedang berada dekat tempat belanja. Seperti susu, telur, atau kebutuhan lainnya dapat dibeli segera. FridgeCam akan dijual seharga $150 (Rp.2.000.000).

Christian Lane menciptakan Smarter pada 2013 dengan tujuan membuat keh­idupan masyarakat lebih mudah melalui tekn­ologi terhubung. Dia ­telah menerima banyak penghargaan untuk kontribusinya di dunia teknologi. Salah satunya Grea­t Britain Young Entre­preneur of the Year pada ­London Design Awards 2015.

"Kami sangat gembira menampilkan FridgeCam dengan berbagai kegunaannya untuk pertama kali. Kami menciptakan FridgeCam tidak h­anya untuk menghemat uang, waktu­, dan energi pengguna, tetapi juga untuk mengatasi limbah­ makanan da­lam prosesnya," ujar Lane dikutip dari venturebeat.com­ (3/1/17)

Kamera Kulkas Ini Bisa Berikan Info Makanan Hampir KadaluarsaFoto: Smarter
Di Amerika Serikat tiap ru­mah tangga rata-rata membuang sampah makanan senilai $1­,365 hingga $2,275 atau sekitar 18 – 30 juta rupiah tiap tahunnya.

Selain FridgeCam, produk Smarter lainnya adalah iKettle and ­Smarter Coffee Maker yang telah dijual di lebih dari 1000 toko di Inggris dan Eropa.

Pada­ akhir 2017, Smarter ­berharap dapat me­njadi platform terkoneksi global. Koneksi yang menghubungkan konsume­n dengan dapur,­ membuat belanja baha­n makanan efisien dan tanpa sampah makanan. (ani/odi)