Libur Panjang, Warga Kota Ini Diminta Simpan Sampah Makanan di Freezer

Annisa Trimirasti - detikFood Senin, 02 Jan 2017 17:18 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Warga marah karena sampah sejak sebelum Natal belum diambil. Mereka diminta untuk menaruh di freezer agar tidak busuk.

Dilansir dari dailymail.com (1/1/17) , pemerintah kota Derby, Inggris mengumumkan bahwa tidak ada pemungutan sampah pada 23 Desember hingga 3 Januari.

Walau hal tersebut dilakukan karena adanya pemotongan anggaran, warga menilai pemerintah Derby gagal menyediakan layanan dasar dan beberapa mengancam akan membuang sampah di tangga balai kota.

Melihat hal itu, otoritas memberi solusi lewat websitenya yang ternyata membuat warga semakin marah. Dalam website tertulis serangkaian tips untuk mengelola sampah rumah tangga.

Libur Panjang, Warga Kota Ini Diminta Simpah Sampah Makanan di FreezerFoto: iStock
'Sisa makanan dapat menarik perhatian hama seperti tikus jika tidak dibuang dengan benar. Pastikan Anda menaruh sampah dalam kantong tertutup dan menutup tutup tong sampah dengan benar. Anda juga bisa menaruh sampah makanan di freezer agar tidak bau dan busuk hingga pemungutan sampah berikutnya.'

Website juga menulis bahwa warga sebaiknya berpikir realistis saat berbelanja untuk mengurangi limbah dan menggunakan resep dengan sisa makanan.

Saran-saran tersebut direspon reaksi marah warga.Robert Foreman mengatakan menyimpan limbah makanan di freezer adalah sesuatu yang tak masuk akal.Jika diadakan pemeriksaan keamanan makanan di toko atau restoran dan tertangkap mereka menyimpan sampah makanan di freezer, tentu tempat tersebut akan ditutup.

Libur Panjang, Warga Kota Ini Diminta Simpah Sampah Makanan di FreezerFoto: iStock
Charmaine Osborne mengatakan tong sampahnya sudah meluap dan pengambilan sampah masih beberapa hari lagi sehingga ia menggunakan trash bag untuk sampahnya dan menyimpannya di gudang.

Richard Smith menulis di laman Facebook pemerintah kota bahwa bisakah ada tips lainnya? Karena tiap daerah lain tampaknya berhasil mengelola sampah mereka saat Natal.

'Council mengklaim mereka dipaksa menunda pengumpulan sampah selama liburan Natal dan tahun baru karena pemotongan anggaran dari pemerintah. Namun tampaknya wilayah tetangga seperti Nottingham dapat tetap mengelola sampahnya selama masa liburan.'

Libur Panjang, Warga Kota Ini Diminta Simpah Sampah Makanan di FreezerFoto: iStock
Konselor Asaf Afzal merespon bahwa dengan gerakan ini Derby dapat menghemat hingga lebih dari £100.000 atau sekitar 1 milliar rupiah.

Afzal menambahkan bahwa pihaknya pun tidak ingin berada dalam posisi ini, namun pemotongan anggaran datang dari pemerintah dan dengan cara ini pun, petugas pemungut sampah dapat menghabiskan Natal dengan keluarga mereka.

Diskusi ini berakhir dengan diadakannya pengumpulan sampah 1 hari selama liburan yaitu pada 28 Desember dimana penduduk dapat meninggalkan 3 kantung sampah di luar rumah mereka yang akan dibuang ke TPS lokal. (ani/odi)