Pesta BBQ Lengkap

Mau Bikin Beef Steak yang Empuk Juicy? Ikuti Tips dari Chef Revo Ini

Lusiana Mustinda - detikFood Jumat, 30 Des 2016 19:16 WIB
Foto: iStock
FOKUS BERITA Pesta BBQ Lengkap
Jakarta - Daging steak yang lembut juicy bisa Anda buat sendiri. Cukup ikuti tips dan trik membuatnya dari chef Revo ini.

Daging sapi yang dipanggang di atas bara api bisa jadi ide untuk merayakan malam Tahun Baru besok. Pertama, Anda perlu membeli jenis daging yang berkualitas baik. "Australian beef is good," tutur chef Revo kepada detikFood (19/12).

Revo juga mengatakan bahwa untuk memotong steak, sebaiknya jangan terlalu tipis. "Daging yang dipotong terlalu tipis akan cepat over cooked. Lebih baik pilih daging steak seperti sirloin kira-kira setebal 4 cm," jelas jebolan kompetisi Junior Masterchef di salah satu stasiun televisi swasta ini.

Mau Bikin <i>Beef Steak</i> yang Empuk <i>Juicy</i>? Ikuti Tips dari Chef Revo IniFoto: iStock

Tak perlu dimarinasi dengan berbagai macam bumbu. Daging sapi berkualitas baik lebih enak jika dimasak dengan minim bumbu, agar citarasa aslinya keluar.

Chef berusia 15 tahun ini menyarankan untuk membumbui daging hanya dengan garam dan lada. Akan tetapi jika ingin di pan seared bisa ditambahkan dengan mentega dan sedikit thyme.

Steak dengan ketebalan yang cukup akan menghasilkan juicr yang enak. Setelah daging di panggang, sebaiknya daging didiamkan atau diistirahatkan sebelum disajikan. Proses pengistirahatan ini dilakukan agar jus yang ada di dalam daging akan terperangkap dan menyebar di dalamnya.

Mau Bikin <i>Beef Steak</i> yang Empuk <i>Juicy</i>? Ikuti Tips dari Chef Revo IniFoto: iStock

"Waktu resting untuk 4 cm steak bisa dilakukan sekitar 5 menit," ungkap Revo.

Untuk tingkat kematangan, ada hal yang perlu diperhatikan. Karena, saat proses resting bagian luar daging akan lebih panas dibandingkan dengan dalamnya. Sehingga jika Anda menginginkan tingkat kematangan daging medium rare, maka Anda bisa mengangkatnya saat daging sudah rare.

Tingkat kematangan rare adalah 134 derajat farenheit, sedangkan medium rare adalah 136 derajat fahrenheit. "Kunci untuk mengetahui daging steak kita sudah matang atau belum adalah bukan dengan disentuh. Tapi untuk memastikannya diperlukan termometer," jelas Revo.

(adr/odi)
FOKUS BERITA Pesta BBQ Lengkap

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com