Pencinta Sushi, Ini Sushi Cake yang Dibuat dari Ikan Tuna dengan Taburan Emas

Annisa Trimirasti - detikFood Senin, 26 Des 2016 08:11 WIB
Foto: Rocket News24 Foto: Rocket News24
Jakarta - Gerai sushi ternama ini membuat sushi cake di masa liburan. Fillet tuna ditaburi bubuk emas dan taburan telur salmon.

Sushi cake merupakan bentuk baru penyajian sushi. Tidak dengan dibentuk tangan atau digulung tetapi nasi sushi dibentuk bundar dengan irisan ikan segar di bagian atasnya. Mirip dengan cake yang umumnya manis rasanya.
Pencinta Sushi, Ini Sushi Cake yang Dibuat dari Ikan Tuna dengan Taburan EmasFoto: Rocket News24

Sushi Cake dibuat oleh Kappa Sushi dan dijual seharga 10.000 yen (Rp.1,14 juta). Cukup mengejutkan karena Kappa Sushi biasa menjual sushi dengan harga terjangkau. Seporsi sushinya dengan harga 100 yen (Rp.11.400).

Dikabarkan oleh rocketnews24 (23/12/16)­, Sushi Cake ini ditaruh dalam hangiri (wadah kayu bertutup khusus untu nasi sushi), dibungkus furoshiki, kain pembungkus makanan bermotif logo Kappa Sushi. Hangiri dilengkapi dengan shamoji, sendok nasi. Ketiga nya akan menjadi milik pembeli bisa dibawa pulang.

Tampilan sushi ini juga sangat memikat. Di bagian tengah setinggi 7 cm ditaruh ikura yang warnanya hampir merah ruby bukan oranye. Biasanya ikura berjumlah sedikit. Jumlah ikura ini cuckup untuk 50 porsi sushi.
Pencinta Sushi, Ini Sushi Cake yang Dibuat dari Ikan Tuna dengan Taburan EmasFoto: Rocket News24

Ikura dikelilingi irisan tebal otoro, bagian perut tuna yang berlemak, disusun melingkar. Otoro tidak hanya tampak lezat tapi juga berkilauan dengan taburan bubuk emas di atasnya. Cara dekorasi ini sering dipakai pada masakan kelas atas.

Kappa Sushi menyebutkan cara menikmati sushi ini tergantung selara. Boleh mencampur semuanya, nasi sushi di bagian bawah dengan otoro dan ikura pada bagian atas. Atau pun memakannya sendiri-sendiri dengan membungkusnya dalam nori seperti saat makan sushi roll.
Pencinta Sushi, Ini Sushi Cake yang Dibuat dari Ikan Tuna dengan Taburan EmasFoto: Rocket News24

Meskipun Kappa Sushi dikenal sebagai restoran bugdet sushi tetapi semua bahan dalam Sushi Cake enak dan berkualitas tinggi. Secara tradisional, ikura dan otoro adalah 2 tipe sushi termahal sehingga banyak orang hanya makan 1 atau 2 potong saja.

Dengan Sushi Cake, ikura dan otoro bisa dimakan sebanyak yang diinginkan. Kappa Sushi rupanya punya alasan memberi nama Sushi Cake untuk sajian istimewa ini. 'Kami memilih untuk menyebutnya 'cake' karena terdengar meriah' Sushi Cake harus dipesan sebelumnya di Kappa Sushi seluruh Jepang hingga 9 Januari 2017. (ani/odi)