Lauk dan Kue untuk Natal

Nastar dan Putri Salju, Kue Kering Lokal yang Enak untuk Suguhan Natal

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Sabtu, 24 Des 2016 09:30 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Kue kering lokal juga enak jadi santapan Natal. Seperti nastar dan putri salju yang jadi favorit sepanjang waktu.

Perayaan Natal tak lengkap tanpa cookies dan pastry lezat. Jika di Barat ada fruit cake dan gingerbread, Indonesia juga punya dessert dan kue kering yang tak kalah lezat.

Saat ditemui detikFood (14/12), Pastry Chef Rahmat Kusnedi menjelaskan, "Cookies Natal lokal itu umumnya putri salju dan Nastar. Kalau dessert, ada klappertaart yang sering jadi suguhan. Meskipun asalnya dari Belanda tapi kental di kita terutama di Manado."

Masih menurut Chef Rahmat, Natal identik dengan cuaca dingin sehingga perlu suguhan serba hangat. "Biasanya di Barat itu lekat penggunaan jahe karena sifatnya menghangatkan. Apple strudel disajikan panas-panas dengan saus yang dicampur wine."

"Nah, kalau di hotel biasanya saya mempopulerkan kue Natal dengan bahan lokal. Digabung juga dengan jahe tadi," ujarnya.

Salah satu yang pernah dibuatnya adalah caramelized banana with ginger. Berupa pisang yang dikaramelisasi lalu disajikan dengan ginger mousse, praline ginger, dan kayu manis," jelas Chef Rahmat. Ia juga membuat ginger tape yang tak kalah unik.

Soal tren, Chef Rahmat berpendapat cake Natal sekarang lebih banyak yang menggunakan buah dan mousse ringan. "Tampilannya lebih cerah, lebih glossy, dan lebih eye catching," tuturnya.

Sementara kue klasik juga tetap ada tetapi diberi sentuhan moderen. "Misalnya hanya blackforest atau cheesecake tetapi diberi glazing," pungkas chef yang juga menjadi President of Indonesia Pastry Alliance ini. (msa/odi)