Lauk dan Kue untuk Natal

Daripada Sukade, Buah Lokal Ini Bisa Jadi Paduan Fruit Cake Enak

Lusiana Mustinda - detikFood Jumat, 23 Des 2016 18:15 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Kue yang cantik semakin bisa menambah kemeriahan Natal. Fruit cake dengan paduan buah lokal bisa jadi inspirasi kudapan Natal.

Disebut sebagai ikon suguhan Natal, hampir setiap keluarga menyuguhi kue manis ini. Tekstur cakenya yang lembap membuat kue ini justru makin enak dinikmati saat sudah disimpan beberapa hari.

Fruit cake biasanya dibuat dengan mencampurkan tepung terigu, gula pasir, margarin, baking powder dan juga susu.

Daripada Sukade, Buah Lokal Ini Bisa Jadi Paduan Fruit Cake EnakFoto: iStock
"Fruit cake bisa dikatakan sebagai jenis kue yang berat dan manis. Sehingga perlu ditambahkan dengan pengembang seperti baking soda atau baking powder," tutur Chef Rahmat Kusnedi, selaku Pastry Chef sekaligus President of Indonesia Pastry Alliance saat ditemui beberapa waktu lalu.

Kebanyakan orang sering mencampurkan fruit cake dengan sukade. Sukade ini merupakan manisan kulit jeruk yang diberi pewarna.

Agar rasanya lebih enak dan aman, fruit cake bisa dicampurkan dengan buah-buahan impor seperti cranberry, kismis, ceri dan juga blueberry.

Daripada Sukade, Buah Lokal Ini Bisa Jadi Paduan Fruit Cake EnakFoto: iStock
"Tapi sebenarnya kalau mau, kita juga bisa memanfaatkan buah lokal untuk campurannya. Warna merah bisa kita dapatkan dari strawberry, kuning dari mangga atau nanas dan warna hitamnya bisa didapatkan dari buah jamblang atau buni," tambahnya.

Anda juga bisa membuat fruit cake dengan campuran buah-buahan kering siap pakai. Kalau mau buat sendiri di rumah, Anda bisa lihat resepnya di sini. Suguhkan kue ini dengan secangkir teh atau kopi hangat. Yuk, bikin! (lus/odi)