Lauk dan Kue untuk Natal

Ini Caranya Chef Steby Rafael Bikin Mashed Potato yang Gurih Enak

Maya Safira - detikFood Kamis, 22 Des 2016 16:59 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Sajian daging panggang terasa kurang lengkap tanpa pelengkap yang enak. Mashed potato dapat disajikan bersama hidangan lainnya untuk Natal.

Ayam kodok atau olahan daging panggang lainnya menjadi menu utama yang enak untuk merayakan Natal. Sebagai pelengkap menu ini, Modena Chef, Steby Rafael menyarankan penyajian mashed potato. Menurutnya makanan ini mudah tapi tetap menghidupkan suasana Natal.

Ini Caranya Chef Steby Rafael Bikin Mashed Potato yang Gurih Enak Foto: iStock


Meski tampak tidak sulit, tapi terkadang masih ada kesalahan yang membuat sajian mashed potato terasa kurang sempurna. Mulai dari bumbu hingga munculnya gumpalan pada mashed potato. Untuk itu, Modena Chef, Steby Rafael membagikan beberapa tips berikut.

1. Pilih kentang
Hal pertama yang perlu dilakukan adalah memilih kentangnya. Menurut chef Steby, lebih baik menggunakan kentang impor. Misalnya jenis russet potato.

"Kalau kentang lokal itu terlalu stratchy (berpati). Jadi kalau kita buat jadi terlalu kenyal," ujarnya.

2. Potongan
Supaya kentang sepenuhnya matang, ukuran potongan haruslah sama. Baru kemudian kentang direbus. Chef Steby mengatakan, "Kentang itu lebih cepat masak kalau sudah dipotong-potong. Jadi ketika direbus, potongannya harus sama supaya matang merata. Kalau tidak matang merata, nanti hasilnya ada yang menggumpal ataupun belum hancur."

3. Bumbu
Chef Steby berbagi cara meracik mashed potato yang biasa dia buat. Pertama, tumis bawang putih cincang dengan sedikit mentega. Tumis sampai wangi, lalu masukkan susu cair. Baru kemudian masukkan kentang yang sudah dihancurkan. Bumbui dengan garam dan lada hitam.

Ini Caranya Chef Steby Rafael Bikin Mashed Potato yang Gurih Enak Foto: iStock


"Jangan lupa tambahkan (bubuk) pala di dalamnya. Karena makanan yang pakai susu dan berkrim bisa bikin enek, untuk menghilangkan rasa itu harus ada wangi pala," ungkapnya.

Nah, mau membuat mashed potato saat Natal nanti? Detikfood juga punya resep mashed potato atau healthy mashed potato yang bisa Anda coba. (msa/odi)