Tak Semua Jenis Buah dan Sayur Harus Disimpan di Kulkas, Ini Alasannya

Lusiana Mustinda - detikFood Kamis, 22 Des 2016 06:31 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Kulkas menjadi tempat menyimpan semua bahan makanan. Padahal tak semua sayuran dan buah cocok disimpan di dalam kulkas.

Ketika Anda membeli buah-buahan dan sayuran, seringkali langsung disimpan dalam lemari es. Padahal alpukat, kentang dan mentimun, tidak perlu disimpan dalam lemari es.
Tak Semua Jenis Buah dan Sayur Harus Disimpan di Kulkas, Ini AlasannyaFoto: iStock

Menurut penelitian yang disusun oleh University of California Davis, tomat, terong, paprika, bawang putih dan plum adalah bahan-bahan makanan yang tidak perlu disimpan dalam kulkas.

Dilansir dalam DailyMail (19/12), menyimpan makanan di dalam lemari es memang tidak akan membahayakan buah ataupun sayuran. Akan tetapi dapat mempengaruhi rasa.

UC Davis menjelaskan bahwa suhu dingin dalam lemari es akan menghentikan proses pematangan alami buah dan sayuran, sehingga dapat mempengaruhi rasa. Misalnya, pisang akan menghitam kulitnya jika disimpan dalam lemari es. Sedangkan ubi jalar akan memiliki tekstur yang sangat keras, semangka kehilangan warna cerahnya dam tomat memiliki rasa dan warna yang lebih baik ketika dibiarkan dalam suhu kamar.
Tak Semua Jenis Buah dan Sayur Harus Disimpan di Kulkas, Ini AlasannyaFoto: iStock

Ada beberapa jenis buah dan sayur yang perlu disimpan dalam lemari es seperti selada, jamur, buah anggur, jagung, lobak daun bawang dan sayuran berdaun lainnya. Disarankan untuk mematangkan buah dan sayur di suhu ruang terlebih dahulu. Setelah masak barulah kemudian disimpan dalam lemari es.

Apel bisa didiamkan selama tujuh hari di suhu ruang. Tapi setelah itu, Anda perlu menyimpannya dalam lemari es. Selain itu, pir juga akan hasilkan rasa manis alami jika ditaruh di suhu ruang terlebih dulu hingga matang sekitar 3 hari, barulah simpan dalam lemari es. (odi/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com