Saat Masak, Wanita Ini Menemukan Telur Tanpa Kuning Telur!

Maya Safira - detikFood Selasa, 20 Des 2016 07:21 WIB
Foto: GettyImages
Jakarta - Seorang wanita Jepang menemukan hal tak biasa saat hendak membuat olahan telur. Tidak tampak kuning telur pada telur yang akan dia gunakan!

Rocketnews24 (19/12) melaporkan seorang ibu rumah tangga di Jepang membeli satu pak telur di supermarket. Pengguna Twitter dengan akun @chuchnsdboy itu tidak menyangka mengambil sebuah spesimen langka dan bermasalah.

Sesudah merebus telur dan membelahnya jadi dua, ia menemukan kejanggalan. Ternyata salah satu telur tidak memiliki bagian kuning.
Foto: Chuchnsdboy

Iapun mengambil gambar telur tersebut. Lalu mengunggahnya di Twitter pada 8 Desember lalu. Pengguna media sosial ikut kaget melihat hasil potongan telur itu. Postingannya mendapat hampir 60.000 Retweets dan lebih dari 75.000 Likes.

Selama 9 tahun menjadi ibu rumah tangga, @chuchnsdboy mengaku tidak pernah melihat hal seperti itu. Ia langsung penasaran kenapa telur tidak punya bagian kuning dan keamanan mengonsumsinya.

Pengguna Twitter di Jepang langsung memberi berbagai komentar. Kebanyakan tidak menjawab rasa penasaran @chuchnsdboy. Hanya mengekspresikan rasa terkejut mereka.

"Betapa mengerikan! Saya akan ketakutan jika ini terjadi pada saya," ujar salah satu pengguna Twitter. Ada juga komentar lain, "Saya sudah hidup 70 tahun dan ini pertama kali saya melihat sesuatu seperti ini."

Orang-orang pun penasaran dengan olahan telur tanpa kuning. "Saya ingin melihat versi telur mata sapi dari ini," balas salah satu pengguna Twitter.
Foto: Chuchnsdboy

Setelah mencari informasi lebih lanjut, @chuchnsdboy kembali menulis di Twitter. Ia mengatakan jenis telur seperti itu memang kadang ditemukan. Namun biasanya sudah terdeteksi saat proses penyortiran, sebelum dikirim ke toko dan supermarket.

Ia juga menemukan banyak artikel menyebut tidak masalah mengosumsinya. Akhirnya wanita itu tidak khawatir mengonsumsi telur tanpa kuning. Di negara Barat, telur tanpa kuning kerap disebut "dwarf", "wind" atau "fart eggs".

Hal ini dikarenakan telur tidak berbentuk normal. Ada yang ukurannya lebih kecil dari biasa, membuatnya seolah-olah muncul keluar secara tidak sengaja saat buang angin.

Meski tidak begitu wajar, telur seperti ini bisa diproduksi ketika sesuatu mengganggu siklus normal reproduksi ayam betina. Bisa juga bila ayam betina yang masih muda memproduksi telur pertamanya. (msa/odi)