Ini Bedanya Cheesecake dengan New York Cheesecake

Lusiana Mustinda - detikFood Senin, 19 Des 2016 15:00 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Secara visual tentu semua cheesecake terlihat sama saja. Tapi ternyata ada yang membedakan antara cheesecake biasa dengan NY cheesecake. Apa saja?

Cheesecake merupakan sajian penutup yang sangat populer di dunia. Umumnya terbuat dari gula, telur, cream cheese serta krim segar. Akan tetapi, orang New York menyebut bahwa NY cheesecake jauh berbeda dengan versi cheesecake yang lain.

New York cheesecake memiliki tekstur yang padat tapi terasa lebih halus. Akan tetapi banyak orang yang tidak bisa makan lebih dari sepotong ukuran sedang cake ini. Karena menurut beberapa orang, tekstur dan rasa cake ini terkesan 'berat'.

Ini Bedanya Cheesecake dengan New York CheesecakeFoto: iStock
Dalam buku memasak American Classic menyebutkan bahwa NY cheesecake harus lebih tinggi, dengan kulit berwarna bronze dan padat isinya. Intinya cheesecake jenis ini memiliki tampilan tebal, tekstur halus dan lembut dengan cake berpori.

Rasanya juga tidak asam citrus dan justru menonjolkan aroma vanilla. Dilansir dalam Chowhound (15/12), NY Cheesecake dibuat dengan campuran cream cheese, krim kental, telur, vanila dan kadang-kadang dikombinasikan dengan kuning telur.

Rose Levy Beranbaum alias The Cake Queen, penulis Cake Bible dan beberapa buku lainnya mengatakan bahwa kue keju bergaya New York ini menggunakan cream cheese Philadelphia dan juga sour cream. Sour cream ini berfungsi sebagai pelembut tekstur cheesecake.

Ada tiga lapisan, lapisan bawah terdiri dari graham crackers, cream cheese di bagian tengah dan di bagian atas ada campuran krim asam yang sedikit manis.

Ini Bedanya Cheesecake dengan New York CheesecakeFoto: iStock
Sedangkan untuk cheesecake biasa memiliki tekstur yang lebih lembut bahkan mirip seperti custard. Kebanyakan jenis cheesecake ini juga tidak dipanggang. Untuk mencegah pengerasan dibagian atas cake, kue dipanggang dengan teknik au bain marie bersuhu 100 derajat celcius. Saat penyajian, biasanya ditambahkan dengan cokelat, buah-buahan dan kacang-kacangan. (lus/odi)