ADVERTISEMENT

Ini 10 Panduan Minum Espresso untuk Peminum Kopi Pemula (1)

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood
Rabu, 14 Des 2016 14:34 WIB
Ini 10 Panduan Minum Espresso untuk Peminum Kopi Pemula (1)
Foto: iStock

Di tempat manapun di dunia, biji kopi adalah biji kopi. Jika ada produk biji kopi berlabel "espresso roast," Anda tidak perlu mempercayainya. Menurut Di Pietro, cara ekstraksi biji kopi-lah yang akan menentukan perbedaan minuman kopi. Seperti brewed coffee, French press, atau espresso.

Kopi espresso sendiri dibuat dengan mesin bertekanan khusus untuk menghasilkan ekstrak. Teknik pembuatan ini yang membedakan espresso dengan brewed coffee. Secara tradisional, espresso dibuat dari 7 gram bubuk kopi dan dibuat tak lebih dari 25 detik.

Di Pietro mengatakan espresso seharusnya tidak terasa pahit dan tidak sebabkan jantung berdebar usai meminumnya. "Salah satu masalah besar yang saya alami dengan kemunculan banyaknya kedai kopi adalah mereka membuat espresso dengan 18-20 gram kopi," ujar Di Pietro.

Menurutnya hal ini membuat kafein pada espresso 2-3 kali lebih banyak dibanding racikan espresso tradisional. "Rasio kafein pada tiap gram kopi juga menjadi sangat tinggi. Membuat ekstraksi kopi menjadi berlebihan dan terasa pahit." tambah Di Pietro.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT