Tokyo Raih Predikat Kota dengan Restoran Peraih Bintang Michelin Terbanyak

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Selasa, 13 Des 2016 12:20 WIB
Foto: Japan Times/iStock
Jakarta - Michelin rutin mengeluarkan daftar restoran terbaik di sebuah kota. Tokyo rupanya meraih gelar kota dengan restoran berbintang Michelin terbanyak di dunia.

Dikutip dari Wall Street Journal (29/11), Michelin mengungkap dalam 10 tahun terakhir Tokyo adalah kota dengan restoran berbintang Michelin terbanyak di dunia. Total ada 12 restoran dengan bintang 3 Michelin di ibu kota Jepang ini. Jumlahnya berkurang 1 dibanding tahun lalu.

Untuk restoran berbintang 1 dan 2 jumlahnya mencapai 227 restoran. Jumlah ini bertambah 10 dari tahun lalu yaitu sebanyak 217 restoran.

Setelah Tokyo, Kyoto menyusul di urutan kedua dengan 96 restoran mendapat bintang 1 Michelin atau lebih. Diikuti Paris di nomor 3 dengan perolehan 92 restoran berbintang Michelin.

Tokyo Raih Predikat Kota dengan Restoran Peraih Bintang Michelin TerbanyakFoto: Japan Times/iStock

Predikat bergengsi yang diraih Tokyo ini rupanya berdampak positif pada pariwisata. Jumlah turis yang datang ke sana turut melonjak tinggi. Ada 20 juta wisatawan mencanegara (wisman) yang datang ke Jepang tahun ini. Mereka diketahui membelanjakan uang hingga 30 miliar USD dalam setahun.

"Untuk banyak wisman, makanan adalah prioritas tertinggi," ujar Seiichiro Kubo selaku presiden perusahaan penyedia informasi restoran online, Gurunavi Inc. Bersama Michelin Gudie, Gurunavi Inc, menerbitkan versi online panduang bergengsi ini.

Adapun Michelin Guide tahun 2017 untuk Tokyo adalah yang ke-10 kalinya. Tokyo juga menjadi kota pertama di Asia yang mendapat bintang Michelin. Sebanyak 4 restoran di sana yaitu Kanda, Quintessence, Joël Robuchon, dan Sukiyabashi Jiro Honten, mendapat bintang 3 Michelin selama 10 tahun berturut-turut.

Tokyo Raih Predikat Kota dengan Restoran Peraih Bintang Michelin TerbanyakFoto: detikFood

"Kami berharap bisa mengirim pesan pada dunia mengenai betapa luar biasanya makanan di Tokyo," ujar Paul Perriniaux, Presiden Nihon Michelin Tire Co.

Sementara itu, pada tahun 2015 untuk pertama kalinya Michelin memberi bintang pada restoran ramen di Tokyo. Restoran bernama Tsuta ini hanya punya 9 tempat duduk. Setiap racikan ramennya dihargai 9 USD atau sekitar Rp 120.000.

Pencapaian serupa disusul restoran Nakiryu yang meraih bintang 1 Michelin tahun ini. Menu favorit restoran ini adalah Shoyu Tsukesoba dengan wangi jamur porcini yang sedap.

Saksikan video 20detik di sini:

(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com