Rumput Laut Merah Ini Sedang Tren, Rasanya Mirip Bacon dengan Nutrisi Dua Kali Lipat dari Kale!

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Senin, 05 Des 2016 12:30 WIB
Foto: KABC/Independent
Jakarta - Rumput laut merah tengah dikembangkan sebagai superfood baru. Cita rasanya mirip bacon dengan nutrisi 2 kali lipat dari kale!

Selama lebih dari 15 tahun para peneliti Oregon State University (OSU), Amerika Serikat mengembangkan alga merah bening bernama dulse. Tanaman sejenis rumput laut ini aslinya tumbuh liar di sepanjang garis pantai Pasifik dan Atlantik.

Kemudian para peneliti OSU membuat varietas baru yang dibudidayakan dengan rasa unik dan mematenkannya. Dikutip dari Independent (5/12), peneliti Chris Langdon mengatakan ada potensi besar dari rumput laut merah ini ketika rekannya, Chuck Toombs melihat rumput laut sedang tumbuh.

Rumput Laut Merah Ini Sedang Tren, Rasanya Mirip Bacon dengan Nutrisi Dua Kali Lipat dari Kale!Foto: KABC/Independent

Toombs berujar rumput laut merah ini berpotensi untuk industri baru di Oregon. Selain karena nutrisinya 2 kali lebih tinggi dari kale, rasa rumput laut dinilai lebih lezat dan mirip bacon.

Toombs lalu bekerja sama dengan Food Inovation Centre OSU dalam mengembangkan produk makanan berbasis rumput laut. Beberapa yang sudah dibuat adalah rice cracker dan salad dressing.

"Ketika Anda menggorengnya, yang mana sudah saya lakukan, rasa (rumput laut merah) ternyata mirip bacon, bukan rumput laut. Dan aromanya cukup kuat layaknya bacon," tambah Langdon.

Menurutnya tak ada satupun perusahaan Amerika Serikat yang menanam rumput laut merah untuk kepentingan konsumsi. Tetapi dulse sebenarnya sudah dikonsumsi masyarakat utara Eropa selama berabad-abad.

Rumput Laut Merah Ini Sedang Tren, Rasanya Mirip Bacon dengan Nutrisi Dua Kali Lipat dari Kale!Foto: KABC/Independent

Meski belum berencana menjual rumput laut rasa bacon ini di pasaran luas, tim peneliti berpikir pasar vegan dan vegetarian kemungkinan besar akan tertarik. Mahasiswa Toombs pun sedang menyusun rencana pemasaran produk ini.

Soal produksi, Langdon mengatakan kini tiap minggu dirinya menanam sekitar 9-13 kg rumput laut merah. Namun ia berencana menanam 3 kali lipat lebih banyak dari produksi sekarang.

(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com