Mau Bikin Cheesecake yang Enak Lembut? Ini Dia Tipsnya

Lusiana Mustinda - detikFood Minggu, 04 Des 2016 18:00 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Cheesecake jadi salah satu jenis kue yang disukai banyak orang. Untuk hasilkan tekstur cheese cake yang enak, sebaiknya hindari kesalahan ini.

Cheesecake merupakan hidangan penutup yang dibuat dengan mencampurkan keju yang bertekstur lembut. Dalam proses pembuatannya, keju yang digunakan untuk membuat cream cheese adalah cottage cheese, ricotta dan mascarpone.

Saat penyajian, cheesecake umumnya diberi hiasan buah segar, krim dan lapisan gula. Bagian dasar cheese cakenya juga dapat diisi dengan biskuit yang dihancurkan.

Mau Bikin <i>Cheesecake</i> yang Enak Lembut? Ini Dia TipsnyaFoto: iStock

Ada beberapa kesalahan dalam proses peracikan cheesecake ini. "Seringnya banyak orang yang saat proses mixing tidak diaduk hingga rata," jelas Ibnu Pratama, Executive Chef di Almond Tree kepada detikFood (01/12).

Ibnu mengatakan bahwa proses yang benar dalam membuat kue ini, cream cheese harus diaduk hingga rata dengan gula sampai teksturnya lembut. Kemudian barulah ditambahkan dengan whipped cream dan telur.

"Kalau cream cheese dan gulanya belum lembut atau belum teraduk dengan rata nanti hasil kuenya akan magte jadi tidak merata baik rasa ataupun teksturnya," ujar Ibnu.

Mau Bikin <i>Cheesecake</i> yang Enak Lembut? Ini Dia TipsnyaFoto: iStock

Dipanggang dalam suhu 140 derajat celcius api atas dan 150 derajat celcius dengan api bawah. "Kalau takut gosong, Anda bisa memanggangnya dengan air atau biasa disebut dengan teknik au bain marie," pungkasnya.

Tray diberi air, kemudian diberi ring diatasnya dan baru taruh kue diatasnya. Dengan teknik ini bisa hasilkan cake yang bertekstur moist.

(adr/adr)