Telur Bernutrisi untuk Sarapan

Italia Punya Frittata, Omelet Gurih Enak dengan Ragam Isian

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Sabtu, 03 Des 2016 14:30 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Omelet hadir dalam banyak variasi di dunia. Di Italia ada frittata yang merupakan telur dadar dengan ragam isian bernutrisi.

Frittata berasal dari kata 'fritta' dalam bahasa Italia yang berarti menggoreng. Bentuk frittata mirip omelet atau telur dadar yang bulat lebar. Hanya saja isian frittata lebih beragam. Ada yang menambahkan jamur, bayam, kentang, ikan salmon, daging ayam, sosis, hingga kornet.

Ada pula yang senang menambahkan sayuran seperti paprika, bawang bombay, zucchini, tomat, alpukat, asparagus atau daun basil. Semua tergantung selera setiap orang.

Foto: iStock


Untuk membuat frittata, telur dadar dicampurkan bersama semua bahan. Lalu dimasukkan ke dalam wajan antilengket yang sudah diberi sedikit minyak atau mentega.

Kalau bagian bawah frittata sudah kering atau kuning kecokelatan, adonan bisa dibalik. Ditunggu hingga kering dan matang sempurna. Frittata juga bisa dimasak dengan oven. Caranya dengan memanggang adonan selama 25-40 menit.

Frittata makin enak ditambahkan parutan keju. Cita rasanya makin gurih enak. Bisa juga ditambahkan potongan cabai atau saus cabai jika ingin sentuhan rasa pedas.

Saat membuat frittata ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar rasanya enak. Pastikan mengocok putih dan kuning telur tidak terlalu intens. Terlalu banyak mengocok membuat tekstur frittata mengembang dan jadi bantat saat dingin.

Foto: iStock


Pastikan juga memasak semua isian frittata terlebih dahulu. Daging, ayam, dan sayuran perlu ditumis sebelum dimatangkan bersama frittata.

Frittata paling enak disantap hangat-hangat usai dibuat. Kalau sudah di suhu ruangan, frittata bisa bertahan hingga 1 jam. Tetapi kalau ingin menyimpannya lebih lama, bisa dimasukkan ke kulkas hingga 1 hari.

Saat ingin menikmatinya, cukup diamkan di suhu ruangan atau panaskan di oven microwave. Nah, kalau mau coba buat frittata sendiri, resep Salmon Frittata detikFood berikut bisa dicoba. (msa/odi)