Ini Cara Meracik Sosis Sapi Khas Jerman di Bavarian Haus

Annisa Trimirasti - detikFood Sabtu, 03 Des 2016 10:06 WIB
Foto: Detikfood
Jakarta - Sosis Jerman punya banyak sekali variasi. Bagaimana sosis ini dibuat dengan racikan khas Jerman? Chef Claas memberikan detilnya.

Sekarang ada restoran auntentik Jerman di Indonesia. Resto ini punya sertifikat Fleishcherhandwerk dari German National Butcher's Association yang menandakan standar profesional dalam bidang butchery.

Restoran ini bernama Bavarian Haus, didirikan dibawah naungan Cimory Group, berlokasi di Puncak, Cianjur, Jawa Barat. Menyajikan berbagai hidangan Jerman mulai dari bir, kue, dan tentunya bratwurst atau sosis Jerman.

Ini Cara Meracik Sosis Sapi Khas Jerman di Bavarian HausFoto: iStock


Di Jerman bratwurst biasa terbuat dari campuran daging babi dan daging sapi muda. Namun di Bavarian Haus sosis terbuat dari daging sapi dan ayam.

Bambang Sutantio selaku CEO Cimory Group mengatakan, 'Disini no pork dan semua bahan segar, alami, tanpa pewarna atau pengawet buatan.'

Chef Claas Meinkel, selaku head chef sekaligus General Manager Bavarian Haus juga mengatakan semua makanan memakai bahan lokal untuk mendukung usaha daerah sekitar. Walaupun untuk bumbu sosisnya ada beberapa yang didatangkan dari Jerman agar citarasanya tetap asli. Karena semua dari bahan alami, sosis di Bavarian Haus tidak dibuat langsung dalam jumlah banyak namun sebanyak jumlah permintaan.

Dapur pembuatan sosis di Bavarian Haus dilapisi dinding kaca sehingga pengunjung dapat melihat proses pembuatan sosis. Chef Claas menjelaskan cara masak sosis Jerman versi old-fashioned atau klasik.

Ini Cara Meracik Sosis Sapi Khas Jerman di Bavarian HausFoto: Detikfood


Daging yang digunakan adalah daging bagian kaki sapi. Sosis dibuat dengan perbandingan 50% daging 25% lemak dan 25% es. Penggunaan es sebagai pendingin daging saat digiling.

Daging digiling dengan menggunakan grinder 6 pisau yang dapat memotong hingga 2500 per menit. Karena sangat cepat dan panas, daging akan panas sehingga butuh ditambahkan es batu.

Setelah itu daging dibumbui, direndam bumbu kemudian disimpan dalam pendingin vakum selama seminggu agar semua bumbu meresap sempurna. Selanjutnya, daging dipanaskan dalam oven dengan suhu 90 derajat selama 3 hari. Pemanggangan pelan ini dilakukan agar daging empuk dan juicy.

Ini Cara Meracik Sosis Sapi Khas Jerman di Bavarian HausFoto: Detikfood


Daging kemudian dibungkus menjadi sosis dengan usus kambing. Ada 3 tipe pembungkus sosis sesuai dengan kualitasnya. Usus kambing, kolagen, soya dan plastik. Untuk usus kambing dan kolagen, keduanya dapat dimakan langsung.

Bavarian Haus juga membuka toko makanan Jerman yang menjual sosis, berbagai bumbu seperti mustard dan vinegar juga roti dan pastry.

Chef Claas juga memberikan tips saat membeli sosis. "Semua sosis baik, tapi selera orang berbeda-beda, jangan malu bertanya dan meminta sample pada penjual terlebih dahulu," pesan Claas saat pembukaan Bavarian Haus di Puncak Bogor (1/12/16).

Sosis segar dan sosis asap bisa disimpan dalam kulkas hingga 2 minggu dengan suhu 0-4 derajat Celcius. Sebaiknya jangan disimpan dalam freezer karena jika dilumerkan rasa dan teksturnya akan berubah. (msa/odi)