Blogger Kecantikan Ini Oleskan Wasabi untuk Ciptakan Efek Bibir Tebal

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Jumat, 02 Des 2016 16:05 WIB
Foto: Getty Images
Jakarta - Wasabi tak sekadar jadi pelengkap sushi. Blogger kecantikan ini memanfaatkan wasabi untuk menciptakan efek bibir tebal yang sedang digandrungi.

Baru-baru ini blogger kecantikan, Farah Dhukai ramai diperbincangkan karena merekomendasikan wasabi sebagai penebal bibir alami. Menurutnya dengan mengoleskan pasta wasabi ke bibir bisa menciptakan tampilan bibir yang terkesan penuh dan tebal.

Lewat akun instagram farahdhukai, ia terlihat menggunakan pasta wasabi yang dibeli di supermarket seharga 4 USD (Rp 54.000). Wasabi lalu dioleskan ke bibir dan didiamkan sekitar 1 menit.

Blogger Kecantikan Ini Oleskan Wasabi untuk Ciptakan Efek Bibir TebalFoto: iStock/farahdhukai
Setelah itu, Farah mengelap bibir dengan tisu basah dan mengoleskan elixir guna melembabkannya. Blogger dengan pengikut 4 juta orang di Instagram ini mengatakan bibir bisa diolesi lipstik setelahnya. Tapi ia memilih membiarkan bibirnya berwarna pink alami.

Meski terlihat menjanjikan, trik kecantikan ini banyak mendapat sorotan terutama soal keamanan. Tebalnya bibir akibat diolesi wasabi bukanlah hasil alami melainkan karena wasabi mengiritasi bibir dan membuatnya bengkak.

Blogger Kecantikan Ini Oleskan Wasabi untuk Ciptakan Efek Bibir TebalFoto: iStock/farahdhukai
Guna meluruskan hal ini, dermatologis Dr Ross Perry mengatakan, "Ide menaruh wasabi di bibir untuk membuatnya tampak tebal adalah tindakan bodoh dan tidak bertanggung jawab untuk sejumlah alasan."

Kepada Metro (29/11), Perry berujar, "Tampilan bibir berisi mungkin didapat tapi sifatnya sementara dan tidak bisa diprediksi akan seberapa bengkak bibir Anda." Ada pula risiko alergi alergi yang mengancam kesehatan.

Blogger Kecantikan Ini Oleskan Wasabi untuk Ciptakan Efek Bibir TebalFoto: iStock
Sementara itu pakar perawatan kulit Elizabet Rimmer mengatakan wasabi aman digunakan untuk mendapat efek bibir bengkak dan tebal sementara. Tetapi harus dihindari oleh mereka yang bibirnya sensitif dan kering.

Hasil bibir tebal juga tidak seefektif penggunaan lipgloss khusus untuk menebalkan bibir. Wasabi justru berpotensi membuat bibir perih.

Blogger Kecantikan Ini Oleskan Wasabi untuk Ciptakan Efek Bibir TebalFoto: iStock
Intinya, belum tentu semua bahan alami yang digunakan untuk perawatan kecantikan aman untuk kesehatan. Belum tentu juga bahan alami tersebut lebih bagus dari produk kosmetik yang ada di pasaran. (lus/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com