Tepung Beras untuk Penganan

Amparan Tatak Pisang dan Putri Selat, Kue Basah dari Kalimantan dan Sumatera

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Selasa, 29 Nov 2016 18:00 WIB
Foto: masakandapurku Foto: masakandapurku
Jakarta - Kue basah berbahan tepung beras tak hanya ada di Jawa. Kalimantan dan Sumatera punya amparan tatak pisang dan putri selat yang manis lembut.

Kalimantan Timur punya kue basah favorit bernama amparan tatak pisang. Jenisnya sama dengan nagasari atau kue pisang, hanya saja amparan tatak pisang tak dibungkus daun pisang.

Tampilan kue ini mirip kue lapis karena dicetak dalam wadah atau loyang segi empat atau bundar. Bahan pembuatan kue yang berarti 'hamparan pisang' ini adalah tepung beras, gula pasir, santan, dan pisang.

Amparan Tatak Pisang dan Putri Selat, Kue Basah dari Kalimantan dan SumateraFoto: jnokitchen

Untuk pisangnya bisa berupa pisang kepok, pisang raja, atau pisang tanduk yang masak pohon. Pisang lalu dipotong kecil-kecil sebelum diolah.

Untuk membuatnya, tepung, santan, dan gula dibuat menjadi adonan kental lalu dicetak dalam loyang. Lalu irisan pisang masak ditata di atasnya hingga rata. Kemudian ditutup lagi dengan adonan tepung dan santan lalu dikukus.

Rasanya yang gurih manis membuat amparan tatak pisang populer di kalangan masyarakat Kalimantan terutama Kalimantan Selatan. Kue ini juga biasanya disajikan pada hari-hari tertentu.

Sementara dari pulau Sumatera ada putri selat yang tak kalah menggoda. Kue mirip kue lapis ini berbahan dasar tepung beras dan santan.

Amparan Tatak Pisang dan Putri Selat, Kue Basah dari Kalimantan dan SumateraFoto: resep nasional

Putri selat disusun dari 3 lapisan warna yang tiap lapisnya dibuat dari bahan berbeda. Lapisan hijau didapat dari penggunaan daun suji.

Sementara lapisan cokelat dibuat dari campuran gula merah. Dan lapisan putih hanya berupa tepung beras, dan santan.

Kue tradisional ini terasa legit gurih di setiap lapisannya. Kabarnya putri selat juga populer di Banjar, Kalimantan Selatan.

(adr/odi)
Load Komentar ...