Aplikasi Ini Bisa Memberikan Rekomendasi Makanan Sesuai Suasana Hati

Annisa Trimirasti - detikFood Senin, 28 Nov 2016 10:19 WIB
Foto: The Telegraph/Getty Images Foto: The Telegraph/Getty Images
Jakarta - Sedang gelisah dan tak tahu harus makan apa? Aplikasi baru ini bisa memberikan saran jenis makanan yang cocok dikonsumsi.

Peneliti dari Universitas Oxford sedang mengembangkan aplikasi baru yang memonitor ekspresi wajah untuk menilai suasana hati. Hasilnya akan dianalisa untuk memberikansaran makanan yang cocok untuk dikonsumsi.

Profesor Charles Spence bekerja sama dengan layanan pengiriman makanan 'Just Eat' memperkenalkan teknologi baru 'pemetaan suasana hati'. Teknologi ini sedang diuji coba dan akan diluncurkan akhir tahun ini.

Aplikasi Ini Bisa Memberikan Rekomendasi Makanan Sesuai Suasana HatiFoto: The Telegraph/Getty Images


Aplikasi akan memindai wajah untuk melihat tanda-tanda emosi, seperti bibir dan mata turun juga garis-garis kerutan. Aplikasi ini dapat menangkap perasaan tersembunyi pada wajah.

"Pemetaan wajah dapat memberikan penilaian lebih akurat dan obyektif dari suasana hati atau keadaan emosi seseorang dari yang mereka sadari. Sering kali orang tidak bisa mengatakan perasaan mereka atau tidak ingin," ujar Spence seperti dikutip dari telegraph.co.uk (27/11/16).

Spence menambahkan, ada banyak bukti yang menunjukkan bahwa suasana hati memiliki dampak signifikan pada selera yang dapat menghilangkan atau membangkitkan. Begitu juga sebaliknya, makanan dapat mempengaruhi suasana hati seseorang.

Spence juga bekerja sama dengan Heston Blumenthal dan mantan chef, Ferran Adria, dalam penelitian ini. Menurut Spence, suasana hati dan emosi dapat mempengaruhi 'aspek diskriminatif sensorik dari selera seseorang'. Itulah sebabnya orang sering berhenti makan setelah putus hubungan atau berduka karena makanan tidak terasa seenak saat mereka bahagia.

Aplikasi Ini Bisa Memberikan Rekomendasi Makanan Sesuai Suasana HatiFoto: The Telegraph/Getty Images


Aplikasi ini dapat mendeteksi keadaan marah, jijik, takut, terkejut, sedih dan gembira kemudian memberi saran makanan yang sesuai. Contohnya, wajah marah menunjukkan stres sehingga butuh makanan yang menenangkan, seperti dark chocolate atau kacang yang mengandung magnesium.

Sebaliknya, saat sedang berenergi dan bersemangat, aplikasi dapat menyarankan makanan pengatur gula darah seperti biji-bijian dan kacang-kacangan.
Ahli gizi, Ruth Tongue, mengatakan, penting untuk mengenali hubungan antara makanan yang dimakan dan suasana hati seseorang. Makanan bukan hanya untuk kesehatan fisik tapi juga untuk kesehatan emosional.

Graham Corfield, UK Managing Director dari Just Eat turut menambahkan, "Kami tahu suasana hati memainkan peran dalam pilihan makanan, sehingga inovasi seperti Emotion-Analisis-Technology menyenangkan dan menyajikan hasil yang nyata. Pada akhirnya kami ingin orang berpikir tentang makanan dan dampaknya pada kehidupan sehari-hari mereka," tutup Corfield. (msa/odi)