ADVERTISEMENT

Pilihan Sushi untuk Makan Siang Terbukti Kurang Menyehatkan Dibanding Sandwich

Sonia Permata - detikFood
Jumat, 25 Nov 2016 10:30 WIB
Foto: GettyImages
Jakarta - Makan siang dengan menu sushi disukai banyak orang. Nyatanya menu ini kurang menyehatkan dibandingkan sandwich.

Baru-baru ini sebuah penelitian investigasi tentang seberapa sehat makan siang para pekerja kantoran dilakukan oleh Channel 4. Salah satu stasiun televisi penyiaran publik di Inggris.

Menurut laporan telegraph.co.uk (22/11/16) dalam episode terbaru "Trick of the Trade Restaurant" yang ditayangkan di televisi tersebut, ahli gizi Armanda Ursell menganalisis isi produk sushi yang tersedia di berbagai restoran populer di jam makan siang. Seperti restoran Itsu, Pret A Manger dan Wasabi.

Pilihan Sushi untuk Makan Siang Terbukti Kurang Menyehatkan Dibanding SandwichFoto: GettyImages
Ursell menjelaskan bahwa orang seringkali tidak menyadari larutan bumbu yang memiliki kandungan gula tinggi ditambahkan ke nasi dalam sushi. Ia menemukan di restoran Pret A Manger sajian sushi salmon, udang dan kepiting mengandung 10,8 gram gula. Hampir setara dengan dua biskuit Jamie Dodger.

Sementara sajian sushi Hana Box yang terdapat di restoran Wasabi, berisi salmon, alpukat, seafood, telur, mentimun, tuna, belut, kecap, dan wasabi mengandung total 132 gram karbohidrat.

"Anda mungkin berpikir bahwa sushi adalah makanan yang lebih sehat dari roti sandwich. Tetapi sebenarnya ketika Anda melahap beberapa sushi seperti melahap karbohidrat sepertujuh dari bagian roti biasa," ungkap presenter Kate Quilton.

Pilihan Sushi untuk Makan Siang Terbukti Kurang Menyehatkan Dibanding SandwichFoto: GettyImages
Ursell setuju, dia menambahkan bahwa kebanyakan orang cenderung untuk tidak mempertimbangkan kandungan karbohidrat seperti yang mereka lakukan ketika menyantap roti atau jenis karbohidrat lainnya saat makan sushi.

Sementara itu restoran Itsu memiliki paket box berisi berbagai macam jenis sushi. Setelah dikalkulasi nutrisinya, paket tersebut memiliki kalori dan lemak setara dengan burger Big Mac dari McDonald's.

Menurut Quilton dalam industri makanan, banyak yang mengungarangi jumlah komposisi bahan pada makanan untuk keperluan autentik sebuah makanan atau untuk kesehatan semata. Tentu saja hal ini bisa menyesatkan para konsumen.

Pilihan Sushi untuk Makan Siang Terbukti Kurang Menyehatkan Dibanding SandwichFoto: GettyImages
Menurut salah satu perwakilan dari Itsu, paket box sushi mereka memang benar memiliki jumlah karbohidrat dua kali lebih banyak dari burger Big Mac. Hal ini karena banyaknya jenis sushi dan kandungan nasi yang telah dicampur beberapa bumbu yang mmebuat kalori dan karbohdirat lebih tinggi dibandingkan menyantap sushi tanpa nasi.

Penyelidikan ini menunjukkan bahwa konsumsi sushi ternyata memiliki kandungan karbohidrat dan lemak yang hampir sama dengan menyantap roti isi atau makanan cepat saji lainnya.

Jika makanan sushi ternyata tidak sesehat yang diduga. Mungkin sudah saatnya Anda mengganti makan siang dengan menu nasi dan lauk-pauk dalam takaran dan porsi biasa. (ani/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT