Ekstrak Biji Alpukat Bisa Jadi Bahan Pencegah Bakteri Pada Makanan

Lusiana Mustinda - detikFood Selasa, 22 Nov 2016 14:00 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Selain daging buahnya, biji buah alpukat juga kaya manfaat. Ekstrak biji alpukat mengandung senyawa yang efektif cegah pertumbuhan mikroba.

Ekstrak dan senyawa yang terisolasi dalam biji alpukat berpotensi sebagai zat aditif alami. Zat ini bisa dimasukkan ke dalam makanan siap saji untuk mengontrol mikroba yang bisa menyebabkan timbulnya bakteri.

Dilansir dalam NDTV (21/11) dalam studi yang dipublikasi dalam Journal of Food Science, peneliti menemukan bahwa ekstrak dari biji alpukat bisa menjadi efektif dalam mengendalikan mikroba yang menyebabkan Listeria. Penyakit yang berasal dari makanan dan dapat berefek buruk bagi wanita hamil dan orang-orang dengan sistem kekebalan tubuh yang rendah.
Ekstrak Biji Alpukat Bisa Jadi Bahan Pencegah Bakteri Pada MakananFoto: iStock
Dalam studi tersebut, para peneliti dari Tecnologico de Monterrey di Mexico membandingkan Enriched Acetogenin Extract (EAE) dari biji alpukat dengan dua merek antimikroba sintetik. Mereka menemukan bahwa EAE memiliki sifat dan profil kimia mirip antimikroba sintetik. EAE efektif bekerja pada suhu 37 derajat celcius dan pada pendingin yang bersuhu sekitar 4 derajat celcius.

Menurut peneliti, biji alpukat adalah produk limbah dari industri makanan dan hasil ini menawarkan nilai tambah bagi produsen. Produk makanan biasanya diformulasikan dengan zat aditif sintetis yang dapat meningkatkan rasa sehingga memberikan aroma tertentu pada makanan. Ini mungkin berasal dari bahan-bahan alami yang diciptakan secara artifisial.

Ekstrak Biji Alpukat Bisa Jadi Bahan Pencegah Bakteri Pada MakananFoto: iStock
Namun, makanan yang diproduksi harus lebih aman untuk konsumen sehingga para ilmuwan mencari cara mengganti zat aditif sintetis tersebut.

Sejak bahan aditif diperlukan untuk alasan keamanan pangan serta pengembangan produk makanan, para produsen dihadapkan dengan tantangan pengembahngan zat aditif lebih "alami" yang dapat menghasilkan hasil sebanding. (ani/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com