ADVERTISEMENT

Gurihnya Kuah Santan

Gurih Berkuah Kental, Terik Tempe dan Daging Khas Jawa Tengah

Lusiana Mustinda - detikFood
Minggu, 20 Nov 2016 17:30 WIB
Foto: detikFood/cookpad
Jakarta - Sajian berkuah kental dengan paduan tempe dan daging selalu bikin kangen. Makanan rumahan asal Jawa Tengah ini jadi salah satu favorit banyak orang.

Pernah mendengar terik? Walaupun namanya mirip teri, akan tetapi ini merupakan sayur berkuah santan yang bisa dipadukan dengan beragam lauk.

Bumbu terik umumnya terbuat dari campuran bumbu halus seperti kemiri, bawang merah, bawang putih, lada, daun salam, kunyit dan ketumbar.

Gurih Berkuah Kental, Terik Tempe dan Daging Khas Jawa TengahFoto: detikFood/cookpad

Lauknya bisa dicampur dengan tahu, tempe dan daging. Dalam proses pembuatannya, tahu ataupun tempe digoreng terlebih dahulu hingga setengah kering.

Kemudian tuangi santan dan tambahkan daun salam serta lengkuas, agar aromanya harum. Campurkan tempe dan tahu hingga santannya mengental. Hmm pasti sedap!

Gurih Berkuah Kental, Terik Tempe dan Daging Khas Jawa TengahFoto: detikFood/cookpad

Kalau ingin mencampurkan daging, Anda harus memilih bagian daging has dalam yang empuk. Sebelum mencampurkan santan, terlebih dahulu Anda perlu menumis potongan daging dengan bumbu halus. Campurkan lengkuas, serai dan daun jeruk kemudian tambahkan dengam santan encer dan masak hingga santan mengental serta daging bertekstur empuk.

Citasa kuah terik yang manis gurih sangat cocok dinikmati dengan seporsi nasi hangat yang pulen. Kalau tertarik membuatnya di rumah, Anda bisa lihat resep terik tahu dan tempe di sini dan resep terik daging di sini.

(adr/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT