Gurihnya Kuah Santan

Kuah Sie Kameng yang Sedap Harum dari Serambi Mekkah

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Minggu, 20 Nov 2016 15:20 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
FOKUS BERITA Gurihnya Kuah Santan
Jakarta - Kuah sie kameng dari Aceh begitu lezat. Memadukan daging kambing empuk dalam kuah berbahan santan dan puluhan jenis rempah.

Selain sie itek atau kuah bebek, Aceh punya kari lezat berbahan daging kambing yang disebut kuah sie kameng. Biasanya dijajakan di rumah makan dengan pelengkap roti canai dan martabak Aceh yang sedap.

Isian kuah sie kameng adalah potongan daging dan jeroan kambing empuk. Untuk kuahnya, berupa kari yang dibuat dengan santan dan puluhan rempah. Termasuk serai, daun temurui, pekak, adas, kayu manis, kapulaga, dan cengkeh.

Kuah Sie Kameng yang Sedap Harum dari Serambi MekkahFoto: iStock

Sementara bumbu wajib lainnya terdiri dari bawang merah, bawang putih, dan daun kari. Pemakaian banyak bumbu membuat aroma kuah sie kameng begitu harum berempah. Paduan rasa gurih dan pedasnya bikin semangat makan bertambah!

Untuk membuatnya diperlukan daging kambing bertulang yang sudah dipotong-potong, jeroan kambing yang sudah dibersihkan dan dipotong-potong, minyak, bawang merah, bawang putih, serai, daun temurui, dan santan.

Sementara bumbu halusnya terdiri dari cabai merah kering/segar, garam, bawang merah, bawang putih, kunyit cincang, jahe cincang, ketumbar, kemiri, jintan, pekak, adas, kayu manis, merica, kapulaga, cengkih, dan kaskas.

Kuah Sie Kameng yang Sedap Harum dari Serambi MekkahFoto: iStock

Pertama, aduk rata daging kambing dan bumbu halus. Diamkan sekitar 30 menit lalu sisihkan.

Di wajan terpisah, tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum. Masukkan daging dan jeroan kambing berbumbu, serai, serta salam. Tuangi santan, masak dengan api kecil hingga daging empuk dan kuah kental berminyak.

Kuah Sie Kameng siap dinikmati. Enak dimakan dengan nasi putih atau roti canai.

(adr/odi)
FOKUS BERITA Gurihnya Kuah Santan