Restoran Bintang 2 Michelin ini Ketahuan Menggaji Karyawannya di Bawah Standar

Annisa Trimirasti - detikFood Sabtu, 19 Nov 2016 10:00 WIB
Foto: TheGuardian/DailyMail
Jakarta - Sebuah restoran berbintang michelin tengah diselidiki. Karena kedapatan memberi gaji di bawah upah minimun nasional.

Restoran mewah yang terkenal dengan sajian berkualitas tinggi bergaya Perancis, Le Gavroche, ini bisa mengenakan biaya hingga £60 atau hampir 1 juta rupiah untuk sajian pembukanya saja.

Namun, tampaknya tidak banyak dari pendapatan mereka yang diberikan pada staf restoran. Karena diklaim bahwa chef di restoran bintang Michelin ini dibayar kurang dari upah minimum

Restoran Bintang 2 Michelin ini Ketahuan Menggaji Karyawannya Dibawah StandarFoto: TheGuardian/DailyMail
Beberapa staf di Le Gavroche di Mayfair, London mengatakan mereka bekerja hingga 14 jam dengan upah £5,5 (Rp.90.000) per jam nya. Angka itu jauh dibawah standar mininum nasional yaitu £7,2 (Rp.120.000).

Beberapa staf mengatakan mereka bekerja hingga 68 jam seminggu tapi hanya mendapat £375 (Rp.6.183.000) sebelum pajak. Sedangkan aturan minimum untuk pekerja berusia diatas 24 tahun dengan jam yang sama adalah antara £446-£490 (7,3 - 8 juta rupiah) per minggu.

Dengan hal tersebut, berarti chef di restoran mewah yang menyajikan kaviar dan champagne ini dibayar lebih rendah dari pekerja McDonald's yang menyajikan burger.

Restoran Bintang 2 Michelin ini Ketahuan Menggaji Karyawannya Dibawah StandarFoto: TheGuardian/DailyMail
'Restoran lain membayar staf mereka setidaknya dengan upah minimum, bahkan jika mereka harus berjuang untuk melakukannya. Dan jika ada restoran yang mampu membayar staf mereka dengan upah minimun, itu Le Gavroche.' ujar salah salah seorang chef dikutip dari dailymail.co.uk (18/11/16)

Karyawan ini mengatakan dia sering mulai bekerja sejak pukul 7 pagi hingga 11:30 malam dengan hanya 1 jam istirahat diantara layanan makan siang dan makan malam.

Le Gavroche adalah restoran yang dibuka oleh Michel Roux Snr di Chelsea pada 1967 dan menjadi restoran pertama di Inggris yang mendapat bintang 3 Michelin. Le Gavroche sempat kehilangan bintang 3 Michelin nya pada 1993 namun tetap memiliki antrian tunggu hingga 3 bulan dan tasting menu seharga £215 (Rp.3,5 juta) per orang termasuk wine.

Restoran ini telah memiliki reputasi kuat di dunia kuliner London dengan beberapa nama terkenal termasuk Gordon Ramsay dan Pierre Koffman pernah bekerja di dapurnya. Restoran ini bahkan dilaporkan sebagai tempat makan siang favorit Ratu Inggris.

Restoran Bintang 2 Michelin ini Ketahuan Menggaji Karyawannya Dibawah StandarFoto: TheGuardian/DailyMail
Sayangnya, sekarang, restoran milik mantan juri Master Chef: The Professionals, Michel Roux, ini mengadapi penyelidikan dari HM Revenue and Customs karena menggaji dibawah upah minimum. Meskipun dilaporkan mendapat keuntungan sebanyak £250.000 (Rp.4 miliar) tahun lalu.

Hal ini cukup memalukan untuk Roux yang bicara tentang minimnya upah karyawan dan akan mengurangi jam buka restorannya pada Februari lalu.
Juru bicara Le Gavroche mengatakan mereka akan mengurangi jam kerja karyawannya hingga 50 jam per minggu. Dia juga menambahkan 'Semua gaji akan dipertahankan pada tingkat saat ini meskipun jam kerja berkurang.' (lus/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com