Gurihnya Kuah Santan

Ayam Lodho, Ayam Bakar yang Diberi Kuah Pedas Gurih

Maya Safira - detikFood Jumat, 18 Nov 2016 15:40 WIB
Foto: Detikfood
FOKUS BERITA Gurihnya Kuah Santan
Jakarta - Tulungagung dan Trenggalek mengenal sajian berkuah santan yang gurih pedas. Memakai bahan ayam dan bumbu kaya rempah.

Di daerah Jawa Timur ini ada menu ayam lodho. Keunikannya terletak pada kuah santan yang kental. Tampilannya jadi agak mirip opor atau kari ayam.

Untuk membuatnya, pertama ayam kampung dibelah dari bagian dada depan ke bawah. Lalu dibentangkan sampai terbuka lebar dan diberi garam.

Ayam Lodho, Ayam Bakar yang Diberi Kuah Pedas GurihIlustrasi: Detikfood


Ayam lalu dibakar sampai setengah matang. Kemudian tumis bumbu dari merica, ketumbar, jintan, cabai rawit, lengkuas, serai, daun jeruk dan daun salam. Santan encer ditambahkan ke dalam tumisan.

Nantinya ayam bakar dimasukkan ke dalam tumisan bumbu itu. Serai, daun salam dan daun jeruk ditambahkan ke dalam olahan ayam. Ini dimasak terus memakai api kecil sampai mendidih.

Selanjutnya ayam diberi santan kental. Terus masak sampai kuah menjadi sangat kental. Dalam bahasa Jawa disebut mblondho.

Ayam Lodho, Ayam Bakar yang Diberi Kuah Pedas GurihIlustrasi: Detikfood


Ayam lodho enak disimpan semalam. Kemudian dipanaskan kembali keesokan harinya. Nikmat disantap dengan nasi gurih atau nasi uduk. Bisa juga dilengkapi urap sayur. Sedap!

Hidangan ini mudah ditemui di tempat makan sekitar Tulungagung dan Trenggalek. Ayam lodho juga kerap disajikan saat acara hajatan, acara pernikahan, atau lebaran.

Tertarik membuatnya di rumah? Cek saja resep ayam lodho di sini. (msa/odi)
FOKUS BERITA Gurihnya Kuah Santan

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com