Gurihnya Kuah Santan

Sedapnya Kuah Pliek U dari Aceh Berbumbu Ampas Kelapa

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Kamis, 17 Nov 2016 17:40 WIB
Foto: detikFood Foto: detikFood
FOKUS BERITA Gurihnya Kuah Santan
Jakarta - Kuah pliek u, gulai populer dari Aceh. Kuahnya berbahan santan dengan isian unik yaitu ampas kelapa.

Masyarakat Aceh, terutama yang tinggal di pesisir Timur punya hidangan populer bernama kuah pliek u. Sayuran sejenis gulai ini biasanya dinikmati dengan nasi dan ikan asin.

Pliek u menjadi bahan utama pembuatannya. Berupa ampas kering dari sisa minyak kelapa tua yang telah melalui proses pemerasan minyaknya.

Sedapnya Kuah Pliek U dari Aceh Berbumbu Ampas KelapaFoto: aceh.my.id

Selain pliek u, sayuran juga dilengkapi buah nangka muda, buah pepaya muda, daun melinjo, kacang panjang, kacang tanah, daun pepaya, daun singkong, buah melinjo, hingga rebung kecombrang.

Mengenai bumbu, kuah pliek u memakai ketumbar, cabai, bawang merah, bawang putih, dan rempah lainnya. Beberapa orang turut menambahkan asam sunti agar cita rasa sajian makin kuat dan enak.

Sebelum dimasukkan santan dan direbus hingga matang, ragam bumbu tadi dihaluskan dan dicampur dengan sayuran lainnya. Kabarnya aroma dan cita rasa kuah pliek u yang gurih bisa meningkatkan gairah dan kekebalan tubuh.

Sedapnya Kuah Pliek U dari Aceh Berbumbu Ampas KelapaFoto: negeriku indonesia

Selain menyehatkan, kuah pliek u juga menjadi menjadi perlambang perekat tali persaudaraan dan kekompakan antar keluarga. Karena umumnya hidangan ini dibuat oleh ibu-ibu yang tinggalnya berdekatan.

Kuah pliek u tidak hanya menjadi makanan sehari-hari masyarakat Aceh, namun juga kerap disajikan pada acara tertentu. Beberapa warung makan dan restoran di Serambi Mekkah tersebut juga menyediakan kuah pliek U. (adr/odi)
FOKUS BERITA Gurihnya Kuah Santan