Sedang Tren Sebagai Penurun Berat Badan, Apa Itu Green Coffee?

Lusiana Mustinda - detikFood Rabu, 16 Nov 2016 17:33 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Green coffee ini dikenal dapat turunkan berat badan. Tapi apakah Anda tahu sebenarnya apa itu green coffee?

Green Coffee Extract (GCE) merupakan ekstrak yang dihasilkan dari biji kopi arabika yang masih berwarna hijau. Biji kopi ini disebut-sebut mengandung senyawa yang dikenal sebagai chlorogenic acids yang dianggap dapat turunkan berat badan.

Tidak seperti biji kopi biasa, ekstrak biji kopi hijau ini mengandung rendah kafein dan tidak menimbulkan efek stimulan. Chlorogenic acids juga akan hancur ketika biji kopi mengalami proses pemanasan (roasting).

Sedang Tren Sebagai Penurun Berat Badan, Apa Itu Green Coffee?Foto: iStock
Meskipun belum sepenuhnya jelas bagaimana cara kerjanya. Dilansir dalam Body Building (05/08) chlorogenic acids ini mungkin dapat membantu hilangkan lemak dengan meningkatkan aktivitas gen PPARalpha yang terlibat dalam transportasi asam lemak dan oksidasi serta mengurangi munculnya sel-sel lemak baru melalui efek antioksidan.

Sebuah studi tahun 2007 yang diterbitkan dalam Journal of International Medical Research menemukan bahwa ketika GCE dapat menurunkan sekitar 5 Kg dalam waktu 12 minggu bila dikombinasikan dengan olahraga. Dibandingkan dengan penurunan hanya 1 Kg jika hanya minum kopi saja.

Dalam Forbes (09/09) Dr. Oz melakukan percobaan pada 100 wanita yang semuanya diambil dari penonton di studio untuk acaranya. Responden diberikan ekstrak biji kopi hijau dan pil berisi placebo selama dua minggu.

Dalam dua minggu kelompok wanita yang mengonsumsi ekstrak biji kopi mengalami rata-rata sekitar 0,90 Kg. Namun, kelompok yang diberi placebo rata-rata kehilangan berat badannya sebesar 0,45 Kg hal ini mungkin dikarenakan mereka lebih sadar dengan konsumsi makanan sehat.

Sedang Tren Sebagai Penurun Berat Badan, Apa Itu Green Coffee?Foto: iStock
Walaupun tidak membahayakan tubuh, akan tetapi belum diketahui secara pasti apakah dengan rutin minum green coffee bisa bantu hilangkan lemak secara optimal atau tidak. Green coffee ini bisa dibeli dalam bentuk bubuk ataupun kapsul.

Salah satu tempat yang menjual green coffee secara online di instagram adalah greencoffee_sby, exoticoslimmingcoffee hingga greencoffee_indo.

Dapat dibeli secara online di Instagram ataupun dibeberapa supermarket besar dengan harga Rp 45.000 - Rp 180.000 untuk biji kopinya dan Rp 65.000-Rp 90.000 untuk kapsulnya dengan isi 60 sampai 100 kapsul. (lus/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com