Ini Sebabnya Kenapa Coca-Cola di McDonald's Rasanya Lebih Enak

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Senin, 14 Nov 2016 15:01 WIB
Foto: The Sun Foto: The Sun
Jakarta - Banyak orang menilai Coca-Cola di McDonald's (McD) rasanya lebih enak. Ada yang menduga hal ini karena McD menggunakan lebih banyak sirup cola.

Perdebatan mengapa rasa Coca-Cola McD lebih enak sudah sejak lama bergulir. Alasan yang paling sering muncul adalah McD menggunakan lebih banyak sirup cola. Namun ada juga yang menilai rasa cola lebih asin sehingga membuat seseorang haus dan menilai rasa minuman lebih enak.

Meluruskan hal tersebut, seorang juru bicara McD berujar, "Terlepas dari berbagai spekulasi, tidak ada formula rahasia untuk meracik cola di sini. Kami senang mendengar banyak pelanggan menikmati Coca-Cola kami."

Ini Sebabnya Kenapa Coca-Cola di McDonald's Rasanya Lebih EnakFoto: The Sun

Dikutip dari The Sun (9/11), perusahaan mega fast-food ini menjelaskan proses produksi cola lewat situs resminya. "Sirup Coca-Cola dikirimkan dalam tas yang dikemas dalam kotak. Begitu sampai di restoran, sirup dicampur air berkarbonasi yang difilter berkala untuk memastikan kualitasnya," sebut situs McD.

Pihak restoran juga memastikan sirup dan dispenser cola sangat dingin. Cola lalu dialirkan lewat pipa-pipa terisolasi dari unit pendinginan ke unit depan restoran dan drive-through.

Air berkarbonasi juga secara konstan disirkulasikan lewat sistem pipa. Sehingga suhu minuman tetap berkisar 0,5-3,3 derajat celsius sepanjang waktu.

Menjaga suhu air tetap dingin ini penting untuk mengatur kadar karbon dioksida dalam minuman tetap banyak. Cola pun akan terasa lebih enak karenanya.

Dalam situsnya, McD juga menjelaskan, "Air dan sirup Coca-Cola didinginkan terlebih dahulu sebelum masuk ke dispenser dengan rasio sirup diatur untuk membuat es mencair."

Ini Sebabnya Kenapa Coca-Cola di McDonald's Rasanya Lebih EnakFoto: The Sun

Selain soal suhu, teknik filtrasi di restoran juga amat dijaga. Semua gerai McD dipastikan punya sistem filtrasi terstandar baik.

Ada pula aspek non-teknis dibalik kelezatan Coca-Cola McD. "Itu terletak pada sedotan kami," ujar juru bicara McD.

Sedotan dirancang sedikit lebih lebar dibanding sedotan biasa. Sehingga rasa Coca-Cola bisa langsung menyentuh seluruh perasa di lidah seseorang.

(adr/odi)