Lembut Dingin Es Krim

Nasi Uduk, Kunyit Asem dan Kopi Joss Jadi Rasa Unik Es Krim Indonesia

Lusiana Mustinda - detikFood Minggu, 13 Nov 2016 18:00 WIB
Foto: Eskimomo/detikFood
FOKUS BERITA Lembut Dingin Es Krim
Jakarta - Pernah mencoba es krim rasa khas Indonesia?Ada nasi uduk, kunyit asem, rujak hingga kopi joss. Bagaimana rasanya?

Es krim identik dengan citarasa Barat yaitu vanilla, cokelat, strawberry hingga karamel. Kali ini es krim diracik dengan aneka rasa yang unik dan tak biasa.

Gupta Sitorus dan Primo Rizky, dua sahabat yang memiliki usaha Eskimomo ini membuat sajian es krim dengan citarasa unik. Salah satunya es krim dengan rasa khas Nusantara seperti es krim dengan rasa nasi uduk, kunyit asem hingga kopi joss.

"Membuat es krim tidaklah sulit. Misalnya saja nasi uduk, kita cukup menggunakan semua komponen dan elemen yang ada dalam sajian tersebut. Kami meraciknya dengan kecap manis yang disajikan dengan rice pudding dan sweet chilli jam (selai cabai) kemudian dipadukan dengan emping yang sudah kita proses menjadi semacam cookies melinjo dan caramelized teri kacang," jelas Gupta kepada detikFood beberapa waktu lalu.

Nasi Uduk, Kunyit Asem dan Kopi Joss Jadi Rasa Unik Es Krim IndonesiaFoto: Eskimomo/detikFood

Selain nasi uduk, keduanya juga membuat es krim kopi joss yang diinfused dengan susu charchoal sehingga hasilkan warna hitam keabuan. Ada juga kunyit asam sorbet yang terbuat dari asam jawa yang kemudian kita campurkan dengan meringue dari kunyit dan dipadukan dengan jeruk Bali.

"Kita terakhir bikin es krim martabak. Jadi kita menurunkan satu demi satu elemen martabak. Es krim ini punya rasa seperti susu kental manis dan dipadukan dengan buttercake sponge dan peanut butter spread. Kita juga mencampurkan crispy cheddar dan serutan cokelat pada es krimnya," ujar Primo.

Belajar secara otodidak, Gupta dan Primo mengaku sudah berkreasi dengan aneka jenis es krim sejak 3 tahun lalu. Soal inspirasi, mereka mendapatkannya dimana saja.

"Waktu ke Nepal, kita kepikiran untuk membuat es krim chai karena melihat banyaknya rempah di sana. Lihat majalah, di Tokyo lagi musim Tokyo Banana dan kita coba membuatnya dan kami juga buat es krim miso dengan paduan caramel sauce dan cashew," tutur Gupta.

Nasi Uduk, Kunyit Asem dan Kopi Joss Jadi Rasa Unik Es Krim IndonesiaFoto: Eskimomo/detikFood

Ada dua metode yang digunakan dalam membuat es krim yaitu Parisien dengan mencampurkan telur dan Philadelphia yang tidak menggunakan telur.

Selain rendah kalori, es krim gaya Philadelphia ini juga memiliki daya simpan yang lama karena tidak dicampur dengan telur.

Pada dasarnya semua bahan bisa dicampurkan dalam es krim. Mulai dari lavender, kecombrang dan kecap. "Es krim ini seperti canvas, kalau sudah bisa membuat canvasnya, melukisnya gampang," ujar Gupta.

Tertarik mencoba? Eskimomo bisa dipesan secara online dengan pilihan rasa yang unik dan sangat beragam.

(adr/odi)
FOKUS BERITA Lembut Dingin Es Krim