Tren Keju Leleh

Mac and Cheese, Pasta al Dente Berbalut Keju yang Creamy Gurih

Lusiana Mustinda - detikFood Senin, 24 Okt 2016 13:52 WIB
Foto: iStock
FOKUS BERITA Tren Keju Leleh
Jakarta - Balutan keju yang gurih hangat makin enak disantap dengan pasta. Sajian a la Amerika ini ternyata sudah ada sejak ratusan tahun lalu.

Sajian ini dikenal dengan nama 'Mac and Cheese' yang terdiri dari makaroni dan keju yang populer di banyak negara seperti Amerika, Kanada, Inggris hingga Australia.

Asal tepatnya dari mana sajian ini berasal memang belum diketahui secara pasti. Tapi kemungkinan besar makanan ini berasal dari Eropa Utara, dan resepnya sudah dikenal sejak tahun 1769.

 <i>Mac and Cheese,</i> Pasta <i>al Dente</i> Berbalut Keju yang Creamy Gurih

Berawal dari Thomas Jefferson yang saat itu mengunjungi Eropa dan tertarik dengan model pasta yang dihidangkan di sana. Iapun kemudian membawa pulang resep dan mesin pembuat pasta.

Saat menjabat sebagai presiden Amerika Serikat, Jefferson menyuguhkan hidangan macaroni and cheese untuk makan malam kenegaraan saat makan malam.

Beberapa decade kemudian, Mary Randolph, sepupu jauh dari Jefferson juga sempat memasukkan resep mac and cheese dalam buku masaknya yang berjudul 'The Virginia House-Wife'.

Hanya tiga bahan utama yang ia buat untuk membuat sajian ini yaitu makaroni, keju dan mentega. Tapi nampaknya justru kurang populer. Hingga pada tahun 1937 perusahaan Kraft Food menjual mac and cheese dalam bentuk kemasan sehingga menjadi sangat populer.

Produk mac and cheese buatan Kraft Dinner yang siap dalam sembilan menit membuat hidangan ini jadi makanan pokok masyarakat Amerika pada saat itu.

 <i>Mac and Cheese,</i> Pasta <i>al Dente</i> Berbalut Keju yang Creamy Gurih

Kemudian di akhir tahun 2000-an, kepopuleran mac and cheese semakin meroket. Banyak restoran-restoran yang menjadikan mac and cheese sebagai menu utama. Hidangan inipun hadir dengan kreasi baru mulai dari MacQuack dengan duck confit dan MacStroganoff dengan daging sapi, jamur, dan sour cream di restoran MacBar, New York.

Hidangan rumahan inipun tak luput dari tangan para chef kenamaan dan bertransformasi menjadi sajian unik dan lezat. Sebut saja Paula Deen yang pernah mengemas mac and cheese untuk digunakan sebagai isian roti.

 <i>Mac and Cheese,</i> Pasta <i>al Dente</i> Berbalut Keju yang Creamy Gurih

Rupanya, kesederhanaannya membuat mac and cheese cocok dipadankan dengan sajian apapun, mulai dari daging giling, truffle, bacon hingga lobster.

Anda juga bisa membuat sajian ini di rumah. Cukup siapkan pasta makaroni, mentega, tepung terigu, susu segar, keju cheddar dan parmesan parut. Anda juga bisa menambahkan bumbu lain seperti merica bubuk, mustard dan topping lelehan keju mozarella.

Untuk membuatnya, Anda bisa lihat resep lengkap dari detikFood di sini. (lus/odi)
FOKUS BERITA Tren Keju Leleh

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com