Buku Kuliner Gorontalo Tampil di Gourmet Gallery Frankfurt Book Fair 2016

Lusiana Mustinda - detikFood Minggu, 23 Okt 2016 15:20 WIB
Foto: iStock/detikFood/Omar Niode Foundation Foto: iStock/detikFood/Omar Niode Foundation
Jakarta - Masakan Indonesia selalu menarik untuk ditilik. Dalam Frankfurt Book Fair 2016, Indonesia pamerkan buku kuliner yang sajikan hidangan Gorontalo.

Gourmet Gallery menjadi salah satu tempat yang didatangi paling banyak pengunjung di Frankfurt Book Fair 2016. Ini merupakan tempat pertemuan dan pameran hasil karya baik cetak maupun elektronik dari para penerbit, penulis, chef, produsen, jurnalis, lembaga pariwisata, fotografer dan penata kuliner di seluruh dunia.

Gourmet Gallery yang berada di Hall 3.1 adalah kerjasama antara Frankfurt Book Fair dan Gourmand International yang di tahun ini meluncurkan Gourmet Authors Center, sebuah area yang diperuntukkan untuk para penulis kuliner Internasional.

Buku Kuliner Gorontalo Tampil di Gourmet Gallery Frankfurt Book Fair 2016Foto: iStock/detikFood/Omar Niode Foundation

Edouard Cointreau, pendiri dan Presiden Gourmand International mengatakan bahwa ada beberapa hal yang menjadi tren buku kuliner. Jurnalis dan pewisata mencari "unknown destination" atau tujuan wisata kuliner yang belum populer. Selain itu, buku-buku dengan riset yang mendalam tentang suatu daerah juga disukai.

"Kemasan unik juga menjadi salah satu yang banyak diminati. Seperti buku yang diisi dalam kaleng dekoratid ataupun buku berukuran raksasa," jelasnya.

Omar Niode Foundation, sebuah lembaga nirlaba dari Indonesia yang menerbitkan buku 'Trailing the Taste of Gorontalo' yang berisi kumpulan tulisan dan rangkaian potret wisata kuliner dan budaya di Provinsi Gorontalo yang memperoleh undangan khusus untuk tampil di Gourmet Authors Center.

Pada bulan Mei lalu, 'Trailing the Taste of Gorontalo' meraih penghargaan Best in the World-Gourmand World Cook Book Award 2015 untuk kategori Asian Cuisine from Asian Books.

"Kami berterima kasih kepada Edouard Cointreau pendiri dan Presiden Gourmand Award yang mengundang dan mendorong Omar Niode Foundation untuk tampil kerena menurutnya para profesional di bidang wisata kuliner dan perbukuan internasional akan berkumpul di Frankfurt dan Gorontalo, sebagai "unknown destination" perlu hadir," demikian Amanda Niode, Ketua Omar Niode Foundation dalam rilis yang diterima detikFood (22/10).

Buku Kuliner Gorontalo Tampil di Gourmet Gallery Frankfurt Book Fair 2016Foto: iStock/detikFood/Omar Niode Foundation

Buku Trailing the Taste of Gorontalo akan dipamerkan di Gourmet Gallery Hall. 3.1 Stand L135 selama Frankfurt Book Fair berlangsung. Disamping itu, Amanda Niode, yang di Frankfurt didampingi oleh Dian Anggraini, Manajer Program Omar Niode Foundation, juga memberikan presentasi tentang Wisata Kuliner dan Budaya masyarakat Gorontalo. (lus/odi)