Ini Alasan Mengapa Tomat Tidak Boleh Disimpan di Lemari Es

Sonia Permata - detikFood Kamis, 20 Okt 2016 16:08 WIB
Foto: Getty Images Foto: Getty Images
Jakarta - Umumnya orang menyimpan tomat di kulkas. Padahal suhu dingin bisa mempengaruhi kandungan nutrisi dan rasa. Ini penjelasannya.

Terlihat sepele, tomat yang disimpan di dalam kulkas rasanya jadu kurang tajam, kurang asam dan segar.

Umumnya orang menganggap menaruh tomat dalam di kulkas supaya lebih tahan lama. Padahal justru menurunkan kualitas kesegaran tomat, dibandingkan jika tomat disimpan dalam suhu ruangan.

Menurut laporan New York Times (18/10/16), sebuah penelitian baru dari Universitas Florida menemukan bahwa tomat yang disimpan dalam suhu rendah akan membuat rasa tomat menjadi hambar dan ciri khas rasa tomat hilang.

Ini Alasan Mengapa Tomat Tidak Boleh Disimpan di Lemari EsFoto: Getty Images

Studi yang dipublikasikan di Proceedings of the National Academy of Sciences menjelaskan bahwa suhu dingin dalam tomat dapat menyebabkan proses metilasi DNA. Metilasi ini menganggu senyawa organik yang mempengaruhi rasa dan aroma tomat. Jika setelah itu ditaruh dalam suhu ruang rasa dan aromanya tidak akan kembali lagi.

Untuk penyimpanan dalam jangka watktu 1-3 hari, mungkin hanya akan menghilangkan aromanya. Namun, penyimpanan lebih dari satu minggu dapat menganggu rasa dan kesegaran tomat. Baik di kulkas rumah maupun di lemari es supermarket.

Hary Klee, salah satu peneliti dalam studi ini mengtatakan bahwa tomat memang tidak bisa berada di suhu di bawah 12 C. Tomat memiliki rasa asam kompleks, gula, dan kimia yang dikenal sebagai senyawa organik yang mudah menguap.

Ini Alasan Mengapa Tomat Tidak Boleh Disimpan di Lemari EsFoto: Getty Images

Hary menyimpan beberapa tomat dalam suhu dingin selama seminggu, kemudian dipulihkan dalam suhu ruang.

Hasilnya, tomat mengalami perubahan yang cukup signifikan saat disimpan dalam tempat dingin. Setelah ditaruh dalam suhu normal selama satu hari penuh, citarasa dan aromanya tetap tidak kembali.

(adr/odi)
Load Komentar ...