Nasi Goreng, Makanan Ikonik Indonesia

Mau Bikin Nasi Goreng dengan Bumbu Instan Pasta Atau Bubuk?

Lusiana Mustinda - detikFood Selasa, 11 Okt 2016 17:45 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Nasi goreng dikenal praktis. Agar lebih memudahkan, Anda bisa meracik nasi dengan aneka bumbu instan.

Di Indonesia, nasi goreng menjadi salah satu makanan yang sering disajikan untuk sarapan. Di pagi hari, banyak orang yang tak memiliki banyak waktu untuk mengulek bumbu. Sehingga beberapa perusahaan mulai berinovasi untuk memproduksi bumbu instan.

Beragam merek bumbu instan sangat mudah didapatkan di pasaran. Teksturnya juga beragam, ada yang pasta dan juga bubuk. Agar hasilkan rasa yang enak, proses peracikan nasi goreng dengan bumbu ini juga agak berbeda.

 Mau Bikin Nasi Goreng dengan Bumbu Instan Pasta Atau Bubuk?

Untuk komposisi, baik pasta maupun bubuk keduanya sama-sama mengandung beberapa bahan. Terdiri dari bawang merah, bawang putih, bumbu dan rempah-rempah, minyak nabati, garam, gula, cabai, penguat rasa (mononatrium glutamat, dinatrium inosinat dan guanilat), campuran perisa, ekstrak ragi hingga pengaturan asam.

Sedangkan dalam proses pembuatannya, untuk bumbu berbentuk pasta, Anda perlu menumis bumbunya terlebih dahulu hingga harum. Kemudian masukkan nasi putih, aduk hingga rata dengan api sedang. Tambahkan pelengkap seperti telur, suwiran ayam hingga bakso dan masak hingga harum. Sajikan panas dengan taburan bawang goreng.

 Mau Bikin Nasi Goreng dengan Bumbu Instan Pasta Atau Bubuk?

Kalau yang bubuk, Anda tak perlu menumis bumbunya. Cukup siapkan minyak goreng, tambahkan telur dan potongan sayuran. Masukkan nasi, aduk rata. Setelah nasi panas, taburkan bumbu instan bubuk hingga merata dan sajikan dalam keadaan panas. Hmm, sedap!

 Mau Bikin Nasi Goreng dengan Bumbu Instan Pasta Atau Bubuk?

Jika dibandingkan dengan bumbu ulek asli, bumbu instan memiliki rasa yang lebih gurih. Sayangnya, tidak terjejak tekstur ulekan kasar cabai yang membuat santap nasi goreng makin enak. Walaupun begitu, bumbu praktis ini bisa jadi pilihan untuk mempermudah membuat sajian makanan terutama di pagi hari. (lus/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com