Nasi Goreng, Makanan Ikonik Indonesia

Empuk Gurih Nasi Goreng Kambing yang Kaya Rempah

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Selasa, 11 Okt 2016 13:33 WIB
Foto: detikFood/iStock
Jakarta - Nasi goreng dengan campuran daging kambing empuk terasa nikmat. Apalagi dibalut bumbu rempah yang sedap. Gurih aromatik!

Pencinta olahan daging kambing pasti tak asing dengan nasi goreng kambing. Berupa nasi goreng dengan potongan daging kambing enak sebagai isiannya.

Bumbunya terdapat dua versi. Ada yang memakai bumbu nasi goreng biasa dan ada yang menambahkan aneka rempah ke dalamnya sehingga mirip kebuli.

Empuk Gurih Nasi Goreng Kambing yang Kaya Rempah


Untuk versi pertama, bumbu halusnya antara lain cabai merah besar, cabai rawit merah, bawang merah, bawang putih, terasi goreng, dan garam. Bumbu lalu ditumis hingga harum dan ditambahkan daging kambing.

Bisa berupa daging kambing yang sudah direbus atau daging kambing sisa gule atau sup. Bahan dan langkah pembuatannya yang lengkap bisa dilihat di sini.

Sementara nasi goreng kambing gaya kebuli ditambahkan aneka rempah pada bumbu halusnya. Seperti kunyit, jinten, cengkeh, kapulaga, sereh, dan lada. Ada juga yang menambahkan minyak samin sehingga aroma dan rasa nasi goreng makin nikmat.

Nasi goreng kambing makin enak diberi aneka pelengkap. Biasanya berupa emping atau kerupuk dan acar mentimun segar yang diletakkan di sisian piring.

Empuk Gurih Nasi Goreng Kambing yang Kaya Rempah


Kalau mau menyantap nasi goreng kambing kebuli, tentu harus mencicip Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih yang legendaris. Didirikan tahun 1958 oleh H. Nein Amad, daging kambing di sini begitu empuk dan tidak berbau prengus. Makin enak disantap dengan nasi berempahnya.

Di daerah Melawai juga ada Nasi Goreng Kebuli Apjay yang patut dicicip. Bumbu kebulinya begitu kaya rempah dengan selingan daging kambing empuk. Sedap!

(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com