Nasi Goreng, Makanan Ikonik Indonesia

Nasi Goreng Gerobak Indonesia Berkeliling Sampai ke Jerman

Lusiana Mustinda - detikFood Senin, 10 Okt 2016 18:55 WIB
Foto: detikFood/iStock
Jakarta - Aroma wangi nasi goreng tercium sedap hingga ke mancanegara. Salah satu hidangan populer Indonesia ini juga punya banyak penggemar sampai ke Jerman.

Nasi goreng pernah menyita perhatian dalam acara Frankfrut Book Fair di Jerman tahun lalu. Untuk memberikan kesan seperti di negara asalnya, tim kuliner dari Indonesia secara khusus mengirimkan gerobak sebagai alat untuk promosi sekaligus meracik nasi goreng.

Chef Ragil bersama dengan timnya berkesempatan untuk mempromosikan nasi goreng di Jerman. "Rasanya sangat menyenangkan karena kita benar-benar memasak a la nasi goreng gerobak," ujar chef Ragil kepada detikFood (06/10).

Nasi Goreng Gerobak Indonesia Berkeliling Sampai ke Jerman
Dalam acara ini, Chef Ragil beserta timnya harus menyiapkan 700 porsi sehari selama 3 hari. Mereka menyiapkan seluruh bahan-bahannya, mendorong gerobak sambil mencari area untuk berjualan dan berpindah beberapa kali dalam sehari serta memasak di suhu 2-5 derajat celcius.

"Ini benar-benar pengalaman yang menyenangkan dan tidak dapat dilupakan," pungkas pria berkacamata ini.

Nasi goreng diperkenalkan dengan misi untuk mengajarkan orang-orang untuk belajar membuat nasi goreng. Karena bahannya relatif mudah di dapat di seluruh dunia saat ini dan mudah dalam proses pembuatannya.

"Ketika mereka sudah jatuh cinta kepada nasi goreng, kita juga mengharapkan mereka untuk lebih ingin mengetahui masakan-masakan lain di Indonesia yang pada akhirnya akan membawa mereka untuk bisa datang ke Indonesia dan menikmati kuliner Indonesia secara lebih beragam," Jelas Chef Ragil.

Nasi Goreng Gerobak Indonesia Berkeliling Sampai ke Jerman
Orang asing yang mencicip, juga memberi tanggapan positif. Mereka sangat senang dan kebanyakan dari mereka sudah cukup mengenal nasi goreng sebagai nasi goreng Indonesia bukan sebagai fried rice dari negara lain.

"Nasi goreng, bakmi goreng dan sate, sudah sangat identik sebagai makanan dari Indonesia dan mereka sangat excited dengan hal tersebut. Buat mereka (orang asing) makanan Indonesia sangat exotic seperti negaranya (Indonesia)," tutup Ragil. (lus/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com