Nasi Goreng, Makanan Ikonik Indonesia

Nasi Goreng Gila Pakai 10 Bahan Campuran yang Bikin Orang Tergila-gila

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Senin, 10 Okt 2016 17:05 WIB
Foto: detikFood/iStock
Jakarta - Versi nasi goreng yang satu ini begitu mengenyangkan. Nasi goreng gila berisi beragam bahan campuran.

Jika nasi goreng biasa diberi pelengkap telur dadar atau suwiran ayam saja, nasi goreng gila berbeda. Toppingnya terdiri dari berbagai macam jenis dan ditambahkan dalam jumlah banyak.

Sebut saja bakso sapi, bakso ikan, telur, sosis, hati, ampela, suwiran ayam, ikan asin, hingga petai. Saking banyaknya bahan campuran yang dicampur ke dalam nasi goreng, sajian inipun mendapat sebutan 'gila.'

Nasi Goreng Gila Pakai 10 Bahan Campuran yang Bikin Orang Tergila-gilaNasi Goreng Gila Pakai 10 Bahan Campuran yang Bikin Orang Tergila-gila

Pembuatan nasi goreng gila sedikit berbeda dari nasi goreng biasa. Diperlukan 2 kali pemasakan yaitu pembuatan nasi gorengnya lalu penumisan topping. Seluruh topping yang sudah dipotong kecil-kecil ditumis bersama bumbu seperti saus tiram, kecap manis, dan sambal.

Setelah itu barulah topping ditambahkan ke dalam nasi goreng. Bisa dengan cara ditaruh di atas atau diaduk bersama nasi goreng. Rasanya yang gurih manis membuat banyak orang ketagihan.

Mengenai kepedasan, pembuatan nasi goreng gila bisa disesuaikan. Apakah ingin pedas, sedang, atau tidak pedas sama sekali. Sajian ini lalu diberi pelengkap acar timun dan kerupuk kanji.

Tak sulit menemukan penjual nasi goreng gila di Jakarta. Umumnya dijajakan dengan gerobak di pusat keramaian. Meski begitu ada juga yang menyajikannya di restoran.

Nasi Goreng Gila Pakai 10 Bahan Campuran yang Bikin Orang Tergila-gilaNasi Goreng Gila Pakai 10 Bahan Campuran yang Bikin Orang Tergila-gila

Salah satu penjual nasi goreng gila populer bisa ditemui di Taman Menteng, Jakarta Pusat. Meski hanya menggunakan gerobak, nasi goreng gila di sini selalu laris diantre pembeli.

Porsinya mungil dengan isian bakso, sosis, dan telur. Namun cita rasanya begitu istimewa karena penggunaan kecap Inggris yang wangi.

Ada juga nasi goreng gila di kawasan Stasiun Manggarai. Dinamai Mang Bagol, warung tenda pinggir jalan ini menyajikan nasi goreng gila dalam porsi besar. Isiannya antara lain sosis, telur, ayam, ati ampela, dan telur.

Pengunjung bisa meminta tingkat kepedasan yang diinginkan. Pemilik warung, Gunawan, nantinya akan menyesuaikan racikan bumbu.

Nasi Goreng Gila Pakai 10 Bahan Campuran yang Bikin Orang Tergila-gilaNasi Goreng Gila Pakai 10 Bahan Campuran yang Bikin Orang Tergila-gila

Kalau mau menyantapnya di restoran, Nomz Kitchen & Pastry menyediakan nasi goreng gila. Bernama "Crazy Rice on Wagyu Sirloin," racikan nasi goreng berbahan beras jasmine ini diberi pelengkap wagyu dengan saus khusus, daging ayam, dan telur mata sapi. Tak ketinggalan, kerupuk sebagai pelengkap. Nyamm!

(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com