Nasi Goreng, Makanan Ikonik Indonesia

Merah Merona Nasi Goreng Khas Makassar yang Gurih Manis

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Kamis, 06 Okt 2016 16:04 WIB
Foto: detikFood/iStock Foto: detikFood/iStock
Jakarta - Jika nasi goreng biasa berwarna kecokelatan, nasi goreng khas Makassar ini berbeda. Warnanya merah cantik dengan rasa gurih manis. Sedap!

Variasi nasi goreng tak hanya ditemui di Asia. Di Indonesia, beberapa daerah punya racikan nasi goreng unik dan berbeda. Seperti nasi goreng merah dari Makassar.

Tampilan nasi goreng ini bukan kecokelatan tetapi merah. Didapat dari pemakaian saus khusus berbahan tomat. Sementara bumbu lainnya tak jauh beda dengan nasi goreng biasa. Meliputi bawang putih, merica, garam, dan cabai merah.

Merah Merona Nasi Goreng Khas Makassar yang Gurih ManisMerah Merona Nasi Goreng Khas Makassar yang Gurih Manis

Pemakaian saus tomat membuat nasi goreng merah terasa gurih manis. Ada juga hentakan rasa pedas dari penggunaan cabai.

Untuk lauk pelengkapnya hampir sama dengan nasi goreng biasa. Ada penambahan udang, daging ayam, bakso sapi goreng (kekean), atau telur. Beberapa orang turut menambahkan potongan sayur seperti wortel, buncis, dan jagung manis ke dalam nasi goreng.

Pelengkap lainnya bisa berupa mentimun, tomat, emping, atau acar. Tetapi yang paling unik adalah potongan jeruk nipis. Bisa dikucuri di nasi goreng sehingga rasanya asam segar.

Kalau mau membuat nasi goreng merah, saus tomat botolan bisa dipakai untuk dapatkan warna merah khas. Tetapi ada juga yang menganjurkan pemakaian sari tomat.

Merah Merona Nasi Goreng Khas Makassar yang Gurih ManisMerah Merona Nasi Goreng Khas Makassar yang Gurih Manis


Caranya dengan merebus tomat sampai matang. Setelah itu tomat dikupas, cincang kasar, dan saring. Sari tomat segar inilah yang dipakai.

Sari tomat perlu dimasak bersama minyak hingga mengering. Setelah itu, baru bisa ditambahkan bumbu nasi goreng lain. Berikut lauk pelengkap dan nasi putih.

Jika ingin lebih praktis, nasi goreng merah Makassar bisa dinikmati di beberapa restoran Makassar di Jakarta. Daftar lengkapnya bisa diintip di sini.

(adr/odi)