Ayo, Memasak!

Mau Belajar Memasak? Perhatikan Saran dari Pakar Kuliner Indonesia Ini

Lusiana Mustinda - detikFood Senin, 26 Sep 2016 16:20 WIB
Foto: iStock
FOKUS BERITA Ayo, Memasak!
Jakarta - Memasak bukan hal mudah bagi wanita yang mulai berumah tangga. Pakar kuliner Indonesia punya tips bagi pemula yang baru belajar memasak.

Selain lebih hemat, memasak di rumah juga lebih menyehatkan. Masakan yang dimasak sendiri tentu bisa jadi favorit keluarga.

Sebelum mencoba, sebaiknya jangan menyerah terlebih dahulu. Ada baiknya baca resep dengan teliti dan siapkan bahan, serta alatnya dengan baik. Hal Ini dapat membantu hasilkan masakan lebih sukses.


"Jika ingin belajar memasak, Anda perlu tahu resepnya. Pelajari dan siapkan bahan-bahannya. Pastikan ruangan dapur dan peralatan sudah bersih. Cara ini akan membangkitkan selera kita untuk masak," tutur Sisca Soewitomo, Pakar Kuliner Indonesia saat ditemui detikFood di Almond Zuchini (21/09).

Wanita kelahiran Surabaya ini juga menyarankan agar sebelum memasak sebaiknya semua bahan sudah disiapkan terlebih dahulu sehingga setiap proses pembuatannya dapat lebih terorganisir.

Selain mempelajari resep, Petty Elliot, chef sekaligus penulis buku juga menyebutkan bahwa untuk mempelajari masakan Indonesia perlu mengerti bumbu-bumbu Indonesia.

"Bumbu dasar seperti bumbu kuning, putih dan merah perlu diketahui," jelas wanita berdarah Manado ini.

Bumbu putih biasanya terdiri dari bawang putih dan bawang merah dan penambahan kemiri. Sedangkan untuk bumbu merah memiliki bahan dasar yang sama dengan bawang putih dengan ditambahkan cabai dan bumbu kuning diberi tambahan kunyit.

"Setelah bumbu dasar, kemudian bisa ditambahkan dengan daun-daunan seperti daun salam dan daun jeruk serta jahe dan lengkuas agar aromanya semakin wangi," jelas Petty.

Dengan segala sesuatu yang terencana tentu hasilnya akan lebih baik. Memasak juga bisa memacu diri untuk lebih kreatif.

"Sekali mencoba memasak dan rasanya enak secara otomatis diri akan lebih terpacu untuk menciptakan masakan yang enak dengan jenis berbeda," tutup Sisca. (lus/odi)
FOKUS BERITA Ayo, Memasak!

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com