Ayo, Memasak!

Sebelum Memasak Pastikan Dulu Anda Punya 6 Peralatan Dasar Ini

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 21 Sep 2016 18:20 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
FOKUS BERITA Ayo, Memasak!
Jakarta - Pastikan Anda memiliki peralatan wajib saat ingin mulai masak. Seperti panci dan wajan yang sering digunakan.

Pemula tak perlu miliki semua peralatan masak yang canggih dan mahal. Miliki alat-alat dasar yang memang banyak terpakai nantinya. Seperti keenam alat berikut.

1. Kompor
Kompor merupakan alat utama yang tersedia di semua dapur. Selain untuk masak, kompor sangat berguna untuk sekadar menghangatkan makanan atau memanaskan air. Ada kompor gas dan listrik yang bisa jadi pilihan. Kompor gas lebih banyak dipilih karena harganya murah. Pemakaian gas sebagai bahan bakarnya juga dinilai lebih hemat dibanding kompor listrik yang memakai banyak daya listrik. Harga kompor listrikpun jauh lebih mahal.

2. Panci


Panci adalah alat masak multi fungsi. Selain merebus makanan, panci bisa digunakan untuk membuat kaldu, memasak mie, hingga menanak nasi. Miliki 3 jenis panci untuk fungsi spesifiknya masing-masing. Seperti panci besar atau panci kaserol untuk membuat sup, panci sayur untuk merebus sayuran, dan panci dengan gagang untuk memasak mie instan, bubur, oat, atau puding. Pilih panci dengan material berkualitas dan tebal agar awet dan mampu menghantarkan panas dengan baik.

3. Wajan
Wajan diperlukan untuk menumis, menggoreng, atau memanggang. Pilih wajan besi atau stainless steel dengan lapisan anti lengket agar mudah digunakan saat memasak sekaligus perawatannya. Mengenai ukuran, sebaiknya pilih yang diameternya sedang agar bisa digunakan untuk memproses makanan dalam jumlah sedikit maupun agak banyak.

4. Pisau


Pisau
dapur terdiri dari berbagai bentuk dan fungsi. Tetapi Anda tak perlu membeli semuanya. Miliki minimal 2 pisau yaitu pisau besar dan pisau kecil. Hindari memilih pisau berbilah tipis karena mudah bengkok. Pastikan bilah pisaunya ditempa (forged), bukan dicetak (stamped), sebagai jaminan produk tersebut kuat. Sambungan bilah dan gagangnya (bolster) juga tak boleh goyah.

5. Sodet atau spatula
Sodet atau spatula digunakan untuk mengaduk atau membolak-balikkan makanan di atas wajan. Pilih spatula silikon agar awet, tahan panas, dan mudah dibersihkan. Sementara untuk sodet bisa digunakan yang kayu karena tidak akan merusak permukaan wajan.

6. Blender


Tak hanya membuat jus atau smoothie, blender punya peranan penting untuk menghaluskan atau mencampurkan bumbu. Sebaiknya pilih blender dengan mata pisau yang tajam dan berwadah besar.

(adr/odi)
FOKUS BERITA Ayo, Memasak!