Wouw! Cantiknya Selai Apel Warna Biru Buatan Jepang Ini!

Maya Safira - detikFood Kamis, 15 Sep 2016 12:15 WIB
Foto: Village Vanguard
Jakarta - Warna biru dalam makanan biasanya tak disukai. Namun, selai biru dengan rasa apel ini justru memikat konsumen.

Begitu menariknya selai warna biru terang, telah menarik pengguna internet di Jepang. Apalagi selai buatan Prefektur Aomori itu tidak menggunakan pewarna buatan, lapor Rocketnews24 (14/09).



Warna biru yang indah didapat dari penggunaan bunga telang (butterfly pea). Tanaman populer di Asia Tenggara tersebut biasa jadi pewarna makanan alami. Di Thailand, bunga telang disebut anchan.

Selai apel sendiri awalnya diciptakan oleh JT & Associates sebagai bagian dari lini produk makanan unik berwarna biru. Karena Aomori jadi wilayah utama penanaman apel di Jepang, jadi apel dipilih untuk rasa selai.

Produk dikembangkan tidak hanya untuk mempromosikan makanan dari Prefektur Aomori. Tapi juga memperkenalkan ke publik mengenai anchan dalam upaya membantu meningkatkan ekonomi Thailand dan memerangi kemiskinan di negara ini.



Mengenai pemakaiannya, selai dapat digunakan pada roti atau dicampur dengan yogurt. Perpaduan warna putih yogurt dan biru selai terlihat menakjubkan. Selain itu, dapat dinikmati juga sebagai minuman hangat. Sama seperti teh herbal.

Untuk mendapatkannya, sampai saat ini selai dijual di Aomori Shojiki Mura, sebuah kelompok yang berkomitmen menawarkan makanan berkualitas dari Aomori. Keunikannya membuat selai selalu habis terjual dengan cepat tiap stoknya tersedia.



Selai pun akan dijual bagi konsumen di seluruh Jepang melalui toko online Village Vanguard. Terdapat pilihan botol besar seharga 1.296 yen (Rp 167.000) atau botol kecil seharga 864 yen (Rp 111.300).

Sekarang situs tersebut sudah membuka pre-order untuk selai apel. Pengiriman akan dilakukan ke pemesan pada akhir Oktober atau awal November. (msa/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com