Sajian Lezat Idul Adha

Nasi Mandi Kaya Rempah dengan Pelengkap Daging Kambing Empuk

Maya Safira - detikFood Sabtu, 10 Sep 2016 12:55 WIB
Foto: detikFood/iStock
FOKUS BERITA Sajian Lezat Idul Adha
Jakarta - Sesekali hidangan Timur Tengah bisa disajikan saat Idul Adha. Seperti nasi mandi yang diberi pelengkap daging kambing ini.

Disamping biryani, ada juga nasi komplet yang tak kalah populer dari Timur Tengah. Namanya nasi mandi asal Hadhramaut, Yaman.

Nasi mandi menjadi hidangan utama dalam acara spesial. Seperti lebaran, pernikahan atau pesta.

Hidangan terbuat dari beras basmati berbulir kecil panjang yang dimasak bersama aneka rempah khas Arab. Sebutan mandi terkait cara membakar berupa pemakaian oven dari tanah liat. Begitu juga dengan cerminan tekstur daging yang lembab pada nasi mandi.


Saat pembuatan, nasi berwarna kekuningan ini dimasak dua kali. Pertama dikukus lalu setelah setengah matang nasi dimasak kembali dalam oven sampai matang.

Untuk topping nasi mandi, ada yang diberi daging ayam. domba ataupun kambing. Semuanya cocok untuk menemani nasi mandi yang beraroma rempah kuat ini.

Jika memakai kambing, pilihan daging kambing muda paling cocok. Kambing yang sudah direbus lama bersama bumbu kemudian dipanggang. Menghasilkan citarasa sangat empuk dan aromatik.

Hidangan juga kerap ditaburi kismis, pine nut, atau kacang-kacangan. Sesuai dengan selera. Tambahan ini menambah sensasi renyah dalam nasi mandi.


Pendamping sajian berupa acar segar, saus tomat atau sambal cabai. Pemakaiannya mampu menyeimbangkan rasa pekat nasi mandi. Namun sebenarnya tak digunakan pun nasi mandi sudah gurih enak.

Di restoran, ada yang menyajikan nasi mandi dalam porsi besar untuk 2-8 orang. Saat menyantapnya tak tersedia sendok dan garpu. Karena memang paling pas menyantap nasi mandi beramai-ramai langsung dengan tangan.

(adr/odi)
FOKUS BERITA Sajian Lezat Idul Adha

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com