Sajian Lezat Idul Adha

Mau Bikin Soto Betawi Enak? Perhatikan 5 Hal Ini

Lusiana Mustinda - detikFood Jumat, 09 Sep 2016 19:20 WIB
Foto: Detikfood/iStock
FOKUS BERITA Sajian Lezat Idul Adha
Jakarta - Daging dan jeroan sapi juga enak dibuat menjadi soto Betawi. Agar rasanya enak, perlu diperhatikan bahan yang digunakan hingga cara pengolahannya.

Kuah santan yang tidak terlalu kental dengan rasanya yang gurih serta daging yang empuk jadi salah satu kunci utama kesuksesan mengolah soto Betawi.

Sebelum mulai meracik, ada baiknya Anda ketahui tips mengolah soto Betawi berikut ini.

1. Pilih santan



Jika ingin membeli kelapa untuk santan, sebaiknya pilih kelapa segar yang tua dengan daging tebal. Kupas bagian kulit luarnya kemudian parut dengan gerigi besi dan peras hingga hasilkan santan yang sempurna.

Selain itu, Anda juga dapat langsung memarut di pasar. Asalkan pilih kelapa yang segar. Agat makin enak sebaiknya santan langsung dimasak atau bisa disimpan dalam freezer. Kalau ingin kurangi lemak, Anda juga dapat mengganti setengah cairan santan dengan susu rendah kalori.

2. Pilih daging



Daging yang digunakan untuk mengolah soto Betawi Anda dapat menggunakan daging sandung lamur. Selain itu, Anda juga dapat menambahkan aneka jerohan seperti babat dan paru.

3. Rebus daging
Rebus daging dalam air secukupnya hingga empuk. Sisa air rebusan dapat dijadikan kaldu sehingga kuah sotonya akan semakin gurih.

Khusus untuk jerohan sebaiknya cuci hingga bersih kemudian rebus dengan daun jeruk dan daun salam hingga empuk. Jangan menggunakan sisa air rebusan jerohan.

4. Beri bumbu



Untuk membuat soto khas Betawi dibutuhkan beberapa racikan bumbu rempah yang pas seperti kapulaga, kayu manis, jintan, daun jeruk dan serai. Selain itu, ada juga bumbu wajib yang harus dicampurkan seperti bawang merah, bawang putih, merica, ketumbar serta gula dan garam.

5. Sajikan dengan pelengkap



Tambahkan irisan tomat dan kentang. Agar makin mantap, Anda juga dapat memberikan pelengkap berupa taburan bawang goreng, irisan daun bawang, acar serta emping renyah. Hmm, mantap!

Kalau ingin coba di rumah, Anda bisa lihat resep lengkapnya di sini.

(msa/odi)
FOKUS BERITA Sajian Lezat Idul Adha

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com