Sajian Lezat Idul Adha

Sup Kambing Berkuah Bening Segar Bisa Diracik dengan Cara Ini

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Jumat, 09 Sep 2016 17:01 WIB
Foto: iStock/detikFood
FOKUS BERITA Sajian Lezat Idul Adha
Jakarta - Sup kambing jadi sajian Idul Adha populer. Agar kuahnya bening segar dan tidak beraroma tajam, perlu trik saat memasak.

Membuat sup kambing lezat perlu memperhatikan beberapa hal. Mulai dari memilih bagian kambing yang pas hingga merebus dengan tepat. Berikut langkah membuat sup kambing berkuah bening yang segar.

1. Bagian kambing


Campuran sup bisa dibuat dari daging bagian paha, has, atau iga. Manfaatkan juga tulang-tulang paha dan tulang iga yang tak terlalu berdaging. Cuci bersih potongan daging dan tulang lalu tiriskan.

Kalau mau menggunakan jeroan kambing seperti hati, babat, usus, dan kepala; pastikan merebusnya terpisah dari tulang dan daging. Ini karena jeroan mengeluarkan aroma lebih tajam.

2. Merebus
Didihkan air sesuai takaran jumlah tulang, jeroan, dan daging kambing yang akan dibuat sup. Masukkan semua isian sup lalu didihkan kembali. Kecilkan api lalu angkat buih dan kotoran yang muncul di permukaan rebusan air.

3. Tambahkan rempah


Agar daging dan jeroan kambing tidak beraroma tajam, tambahkan rempah segar yang cukup. Masukkan daun salam, daun jeruk, serai, sedikit cengkih, dan kapulaga dalam rebusan tulang dan daging kambing. Saat sup hampir matang, tambahkan garam dan merica.

4. Bumbu
Untuk bumbunya, tumis bawang putih yang dicincang kasar dan bawang bombay yang sudah dibelah-belah. Masukkan keduanya ke dalam rebusan daging dan tulang kambing. Rebus menggunakan api kecil hingga semuanya matang dan empuk.

5. Sayuran


Sup kambing makin enak dengan tambahan sayuran seperti wortel, tomat, dan daun bawang. Pastikan memasukkan sayuran saat daging kambing sudah empuk. Ini karena sayuran hanya butuh waktu pemasakan sebentar. Sekaligus menjaga warna sayuran tetap cerah.

6. Resep
Resep lengkap sup kambing dari detikFood bisa dilihat di sini.

(adr/odi)
FOKUS BERITA Sajian Lezat Idul Adha

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com