Sajian Lezat Idul Adha

Pindang Iga dan Iga Asam Pedas, Olahan Iga Sapi Enak untuk Sajian Hari Raya

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Kamis, 08 Sep 2016 15:30 WIB
Foto: detikFood/Pinterest
FOKUS BERITA Sajian Lezat Idul Adha
Jakarta - Punya stok iga sapi saat Idul Adha? Olah jadi sajian tradisional yang enak. Seperti sup, pindang, dan kuah asam yang segar.

Tekstur daging iga yang empuk jadi kunci kelezatan sajian iga. Ada tips untuk mengempukkannya sebelum daging iga diolah lebih lanjut menjadi sup, pindang, dan kuah asam.

1. Mengempukkan iga


Iga akan empuk bila direbus dengan tepat. Bisa dengan panci biasa atau panci bertekanan. Untuk panci biasa, didihkan air lalu masukkan iga sapi. Kecilkan api dan didihkan hingga busa dan kotoran menggumpal. Angkat kotorannya. Jika daging iga belum empuk bisa ditambahkan air panas. Masak hingga daging iga benar-benar empuk sekitar 2 jam dengan api kecil.

Pada panci bertekanan, masukkan iga ke dalam panci dan beri air secukupnya. Hitung waktu merebus kira-kira 30 menit setelah panci berdesis. Setelah itu iga bisa dibumbui dan direbus sebentar.

2. Sup iga


Meski memakai bumbu sederhana, sup berkuah bening ini begitu nikmat. Apalagi kuahnya gurih segar dan potongan iga sapinya empuk. Bumbu yang digunakan antara lain bawang putih, merica, garam, pala bubuk, dan kayu manis. Bahan dan langkah membuatnya bisa dilihat di sini.

3. Pindang iga


Iga sapi juga enak dibuat pindang. Bumbu rempahnya komplet dengan tambahan cabai yang memberi aksen pedas menyengat. Untuk membuatnya diperlukan 500 gram iga sapi, 1 liter air, 1 lembar daun salam, 1 batang serai, dan ragam bumbu. Lihat resep pindang iga sapi detikFood ini sebagai panduan.

4. Iga kuah asam segar


Penyuka asam bisa puaskan selera dengan iga kuah asam segar. Bumbunya sederhana berupa cabai, belimbing sayur, dan bawang. Sementara rasa kaldunya gurih segar. Yuk buat dengan melihat resep berikut.

5. Iga sapi asam pedas
Iga sapi berpadu enak dengan kuah asam pedas. Dimakan bersama nasi hangat sudah terasa nikmat. Bumbunya memakai banyak rempah seperti kunyit, jahe, lengkuas, serai, dan merica bubuk. Tambahan asam Jawa, tomat hijau, dan cabai rawit merah bikin rasanya makin nikmat. Resep iga sapi asam pedas bisa dilihat di sini.
(adr/odi)
FOKUS BERITA Sajian Lezat Idul Adha

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com