Sajian Lezat Idul Adha

Daging Kambing dan Sapi Juga Enak Diolah Jadi Nasi Kebuli

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Kamis, 08 Sep 2016 13:00 WIB
Foto: iStock
FOKUS BERITA Sajian Lezat Idul Adha
Jakarta - Bosan gulai atau sup? Coba olah daging kambing atau sapi menjadi nasi kebuli. Paduan nasi, aneka rempah, dan daging empuk dijamin terasa nikmat.

Nasi kebuli umum jadi sajian pada perayaan keagamaan Islam seperti Idul Adha dan Maulid Nabi Muhammad SAW. Hidangan ini menunjukkan pengaruh budaya Arab Timur Tengah dan India Muslim, tepatnya tradisi Arab Yaman.

Nasi kebuli memadukan nasi dengan aneka rempah dan kaldu. Disukai banyak masyarakat Indonesia terutama masyarakat Betawi dan masyarakat keturunan Arab seperti di Surabaya dan Gresik.


Untuk membuat nasi kebuli, pilih beras pulen yang berbutir panjang. Sebagai bumbunya, tumis bawang merah dan bumbu halus yang terdiri dari bawang putih, jahe, merica butiran, dan garam hingga layu. Masukkan kayu manis dan kapulaga lalu aduk hingga wangi.

Tambahkan beras, aduk rata lalu angkat. Beras lalu dimasak dalam rice cooker bersama kaldu hingga matang.

Sementara itu siapkan daging kambing atau sapi dalam potongan atau irisan kecil. Tumis daging hingga layu bersama bawang merah dan bumbu gulai. Setelah itu sajikan bersama nasi kebuli.


Beri taburan almond dan kismis yang membuat nasi kebuli makin semerbak aromanya. Resep lengkapnya bisa dilihat di sini.

Kalau suka, Anda bisa menyajikan nasi kebuli bersama asinan nanas dan sambal goreng hati. Makan selagi hangat agar cita rasanya benar-benar nikmat.

(adr/odi)
FOKUS BERITA Sajian Lezat Idul Adha

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com