Dinas Kesehatan Kunjungi Gerai Pizza Hut dan PHD untuk Cek Sanitasi dan Hygiene

Lusiana Mustinda - detikFood Selasa, 06 Sep 2016 13:43 WIB
Foto: iStock/Pizza Hut
Jakarta - Terkait isu pemakaian bahan kedaluwarsa, hari ini sejumlah restoran Pizza Hut dan Pizza Hut Delivery menerima kunjungan khusus dari Dinas Kesehatan. Ini hasilnya.

Pizza Hut Indonesia terkena isu penggunaan bahan kedaluwarsa. Setelah melakukan klarifikasi dalam konferensi pers pada Minggu (04/09), kini pihaknya mendapatkan kunjungan dari Dinas Kesehatan setempat.

Restoran Pizza Hut yang sudah dikunjungi adalah yang berlokasi di Mal Puri Indah, Ciputra Mal, Slipi Jaya, Taman Mini Square, Cibubur Junction, Istana Plaza Bandung dan Jember, Jawa Timur.

Sementara itu untuk outlet Pizza Hut Delivery yang dikunjungi adalah outlet yang berlokasi di Pesanggrahan, Bugis Raya Tanjung Priok, Taman Semanan, Taman Palem, Duta Mas, Kalimalang dan Cempaka Putih.

Dalam keterangan pers yang diterima oleh detikFood (06/09), kunjungan ini dilakukan secara terpisah dari Dinas Kesehatan di masing-masing daerah hingga sore ini sekitar pukul 15.00 WIB.

Kunjungan ini merupakan bagian dari kegiatan Dinas Kesehatan untuk melakukan pengawasan terhadap tempat-tempat umum dan tempat produksi makanan dan minuman baik di restoran maupun rumah makan.

Rata-rata kunjungan dari petugas Dinas Kesehatan memakan waktu 1 hingga 2 jam.

Pengecekan dilakukan secara menyeluruh meliputi pengecekan tanggal kedaluwarsa setiap produk makanan, kebersihan dapur dan gudang hingga standar kebersihan untuk karyawan.

Pada kunjungan tersebut, Tim Dinas Kesehatan juga diperkenalkan pada sistem MRD (Make-Ready-Discard) yang diterapkan pada seluruh restoran dan outlet.

Sistem MRD merupakan sebuah sistem pelabelan untuk setiap produk makanan yang digunakan seluruh restoran dan outlet Pizza Hut, Pizza Hut Delivery dan The Kitchen by Pizza Hut.

Setiap produk makanan ditempel label yang terbuat dari bahan acrylic sehingga aman untuk produk makanan. Label ini berisi tanggal produk makanan tersebut diterma outlet (Make), sebaiknya digunakan (Ready) dan tanggal produk tersebut harus sudah dibuang (Discard).

Secara keseluruhan, Dinas Kesehatan menyatakan semua memenuhi persyaratan hygiene, sanitasi rumah makan dan restoran berdasarkan KMK No. 1098 tahun 2003.

Hal ini menunjukkan bahwa Pizza Hut dan Pizza Hut Delivery telah memenuhi standar yang baik sebagai rumah makan dan restoran sesuai dengan ketentuan yang berlaku dari proses penerimaan produk dan bahan makanan, penyimpanan sampai dengan penyajian makanan. (lus/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com